Jakarta (ANTARA/JACX) - Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus merupakan perhelatan nasional yang diisi dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih, hingga aneka perayaan seperti perlombaan.

Di Istana Negara, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, yang diikuti upacara Pengibaran ataupun Penurunan Bendera Merah Putih menjadi tolak ukur sekaligus sorotan masyarakat.

Namun, beredar unggahan di Twitter yang mengatakan media massa nasional terlalu menyorot perayaan kemerdekaan di Istana Negara yang juga diisi hiburan seperti kehadiran penyanyi cilik Farel.

Sorotan terhadap perayaan kemerdekaan RI di Istana Negara itu bahkan mengingkari terdapat upacara peringatan HUT RI di Kawasan Monumen Nasional (Monas) pada hari yang sama.

Unggahan tersebut memperlihatkan video yang menampilkan sejumlah orang tampak kesulitan menaikan bendera Merah Putih.

"Adakah media TV yg meliput ini? #JakartaRaya," demikian narasi pada unggahan itu.

Namun, benarkah Upacara Peringatan HUT RI di Kawasan Monas Jakarta tidak mendapatkan perhatian dari media nasional?
 
Unggahan hoaks yang menyatakan tidak ada media nasional yang meliput upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Kawasan Monas, Jakarta Pusat. (Twitter)


Penjelasan:
Sebagaimana upacara peringatan HUT RI di sejumlah daerah lain di Indonesia, upacara serupa di Kawasan Monas yang digelar Pemprov DKI Jakarta, dengan inspektur upacara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mendapatkan perhatian dari media massa,  termasuk ANTARA.

ANTARA merupakan salah satu media, dari berbagai media nasional, baik cetak, penyiaran, hingga media digital yang turut meliput peringatan HUT RI di Kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Untuk media televisi, setidaknya terdapat tiga media televisi nasional yang meliput Peringatan HUT ke-77 RI di Kawasan Monas, yaitu Kompas TV, CNN Indonesia, hingga TVOne.

Klaim unggahan Twitter yang menyatakan tidak ada media televisi nasional yang menyiarkan Upacara HUT RI di Kawasan Monas merupakan informasi keliru atau hoaks.

Sementara, video dalam unggahan itu yang menampilkan sejumlah orang tampak kesulitan mengibarkan bendera di Monas bukan terjadi pada 17 Agustus 2022 melainkan pada 2017.

Unggahan serupa dapat ditemukan di kanal video YouTube yang diunggah pada 2017.

Klaim: Peringatan HUT RI di Kawasan Monas tidak di liput media
Rating: Salah/Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Lagu Indonesia Raya dimainkan Metallica

Baca juga: Pemprov DKI pusatkan upacara HUT RI di Monas

Baca juga: Anies ingatkan pengibaran bendera tak hanya dimaknai secara seremoni

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022