London (ANTARA) - Rusia telah menduduki peringkat ketiga dalam daftar negara di luar China daratan yang menggunakan yuan untuk pembayaran global, menyoroti bagaimana hal itu dipengaruhi oleh sanksi Barat.

Rusia bahkan belum ada dalam daftar bulanan yang diterbitkan oleh perusahaan pengiriman pesan keuangan global SWIFT sebelum invasi ke Ukraina pada Februari, tetapi angka terbaru yang dirilis pada Kamis (18/8/2022) menunjukkan bahwa hanya Hong Kong dan kekuatan keuangan Inggris yang sekarang berada di depannya.

Perusahaan-perusahaan dan bank-bank Rusia terlibat dalam hampir 4,0 persen pembayaran yuan internasional berdasarkan nilai pada Juli, menurut SWIFT. Angka itu naik dari 1,42 persen bulan sebelumnya dan dari nol pada Februari ketika tindakan Kremlin di Ukraina, yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus", memicu sanksi.

Hong Kong secara tidak mengejutkan tetap menjadi sumber utama transaksi yuan di luar China daratan dengan 73,8 persen dari total, diikuti oleh Inggris yang menyumbang 6,4 persen.

Lompatan tiba-tiba Rusia dalam daftar akan mendukung argumen bahwa sanksi berhasil dan memaksanya keluar dari sistem perbankan global berbasis dolar AS. Tapi itu juga akan mendukung mereka yang mengatakan itu akan membawa Moskow dan Beijing lebih dekat.

Bersamaan dengan dampak pada sektor keuangan, ratusan perusahaan besar Barat telah menarik atau memotong operasi mereka di Rusia sebagai reaksi terhadap perang.

Sementara itu, Rusia telah mengembangkan sistem pesan keuangan bergaya SWIFT, membuat rekening khusus di beberapa bank yang masih belum disetujui dan terus memperdagangkan ekspor utama seperti minyak dengan negara-negara dari China dan India ke Turki.

Data SWIFT terbaru juga mengkonfirmasi bahwa rubel tidak lagi berada di antara 20 mata uang global teratas yang digunakan di pasar pembayaran internasional.

Kembali pada Desember, rubel di tempat ke-16 dengan pangsa 0,3 persen dalam hal nilai transaksi tetapi belum ada dalam daftar sejak itu.

Empat tempat teratas dalam daftar itu dipegang oleh dolar AS, euro, pound Inggris, dan yen Jepang diikuti oleh yuan di tempat kelima.

Baca juga: Iran akan bertahap hapus dolar AS dari transaksi ekonomi dengan Rusia

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022