Jakarta (ANTARA) - Petugas dari Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan mengamankan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sebelumnya berulah di Cipete Selatan ke Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit di Jakarta Timur.

"Sudah dibawa ke RSKD Duren Sawit," kata Kasudin Sosial Jakarta Selatan, Bernard Tambunan saat dihubungi, Jumat.

Bernard mengatakan, pihaknya langsung menindaklanjuti ke lokasi tempat ODGJ saat meresahkan warga di Jalan Puri Mutiara Raya, Cipete Selatan pada Kamis (18/8) sore.

Pada saat itu, petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan berkoordinasi dengan kakak kandung pelaku, Romlah serta didampingi pihak RT setempat dan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK).

Akhirnya pihak keluarga menyerahkan ODGJ tersebut ke Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan.

"Untuk sementara yang bersangkutan didampingi pihak keluarga, kami rujuk ke RSKD Duren Sawit terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan dan pelayanan medis terlebih dahulu," katanya.

Baca juga: Sudin Sosial Jaksel cari orang diduga sakit jiwa yang resahkan warga
Baca juga: Pria diduga ODGJ todongkan pisau ke warga di Condet


Tak hanya Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, pihak Bhabinkamtibmas Kelurahan Cipete Selatan, Aipda M Rofyan bersama Satpol PP turut mengevakuasi ODGJ berinisial W tersebut.

Menurut Kapolsek Cilandak Kompol Multazam hal ini dilakukan lantaran pria tersebut dianggap meresahkan warga karena bila sedang kambuh sering berulah.

"Pada saat dievakuasi dia tidak melakukan perlawanan dan berhasil dibawa menggunakan mobil Dinsos dan dibawa ke Duren Sawit," kata Multazam.

Sebelumnya, seorang warga bernama Ardiansyah menderita luka memar lantaran ditendang dari sepeda motor oleh pelaku yang diduga ODGJ berinisial W, Kamis pagi (18/8).

Ardiansyah mengalami luka memar di bagian tangan dan kaki sampai dibawa ke rumah sakit akibat kejadian tersebut.

Tak hanya sekali ini, menurut Ardiansyah, pelaku telah melakukan aksinya sejak setahun lalu dengan target melukai orang secara acak di jalanan.
Baca juga: Gulkarmat Jaktim evakuasi ODGJ yang kakinya tersangkut di bangku taman
Baca juga: 770 ODGJ Panti Sosial di Jakarta Timur ikuti pemilu

 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022