Bandung (ANTARA) -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengemukakan pemerintah provinsi setempat meraih 345 penghargaan tingkat nasional hingga internasional selama kurun waktu 2018-2021.
 
"Tidak kurang 345 penghargaan tingkat nasional dan internasional dianugerahkan kepada Provinsi Jawa Barat dalam kurun waktu 2018-2021," kata Ridwan Kamil di sela Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Jumat.
 
Salah satu penghargaan yang diraih adalah keberhasilan Kontingen Jawa Barat meraih gelar Juara Umum PON XX di Papua sekaligus mempertahankan gelar yang diraih pada PON XIX yang diselenggarakan di Jabar.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD: HUT Jabar momentum bangkit dari pandemi
 
Jawa Barat juga meraih Juara Umum Tingkat Nasional pada Kontestasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Award 2022.
 
Selain itu, melalui Program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) pada 2022, juga berhasil mewisuda 2.000 penghafal Alquran sekaligus memecahkan Rekor MURI dengan jumlah wisudawan terbanyak dalam satu hari.
 
Jawa Barat juga berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang ke-11 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), yang diikuti oleh 25 kabupaten/kota lainnya di Jabar.
 
Untuk mensyukuri HUT ke-77 dan sejumlah prestasi yang telah diraih Provinsi Jawa Barat di tengah Lapangan Gasibu disajikan tumpeng nasi kuning lengkap beserta lauk-pauknya. Uniknya, jumlah tumpeng/baki yang disajikan mencapai 77 buah. Tumpeng sedemikian rupa disusun membentuk angka 77.
 
Ridwan Kamil kemudian memotong tumpeng tersebut usai upacara didampingi Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan unsur Forkopimda lainnya.

Baca juga: Dewa 19 hingga Preman Pensiun meriahkan HUT ke-77 Jawa Barat

Baca juga: Jabar raih penghargaan Pendorong Akses Keuangan sektor unggulan daerah
 
Masyarakat, pelajar dan warga lainnya yang hadir antusias menikmati sajian tumpeng nasi kuning tersebut.
 
Semarak HUT Jabar juga terlihat di Jalan Diponegoro, tepat di depan Gedung Sate. Puluhan stan menyajikan makanan dan jajanan bagi masyarakat yang datang. Sebanyak 77.700 porsi makanan dan jajanan disajikan dan dapat dinikmati secara gratis.
 
Sementara di Gedung Sate, sejumlah karangan bunga ucapan dari berbagai pihak terpajang di halaman gedung tersebut.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022