Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, ASEAN Navy Chief Meeting (ANCM) Tahun 2022 di Nusa Dua, Bali, yang digelar pada Senin (22/8) akan membahas latihan bersama dengan negara-negara ASEAN.

"Pada hari Senin, kita akan laksanakan ANCM. Kebetulan pada tahun ini saya sebagai host-nya dan sebagai tuan rumah. Sehingga saya akan memimpin Kepala Staf ASEAN nanti di Bali," kata Yudo di sela-sela kegiatan doa bersama dan tabur bunga di geladak KRI Semarang - 594 dalam pelayaran ke Teluk Jakarta, Jumat petang.
 
Menurut dia, ada beberapa hal yang akan dibahas dalam pertemuan kepala staf angkatan laut dari negara-negara ASEAN salah satunya soal latihan bersama.
 
"Dan saya merencanakan tentunya nanti akan ada latihan bersama untuk di tingkat ASEAN, Angkatan Laut ASEAN. Nanti akan kita mintakan persetujuan tentunya pada mereka," kata mantan Pangkogabwilhan I ini.

Yudo mengatakan, sudah ada beberapa negara yang setuju dengan rencana latihan bersama itu seperti Singapura dan Malaysia.
 
"Singapura dan Malaysia sudah kita bicarakan. Nanti tentunya harus mendapat persetujuan semuanya, untuk ke depan Tahun 2023 kita laksanakan latihan bersama, khusus untuk ASEAN dulu. Baru nanti kalau ada negara lain yang ingin gabung, baru kita bicarakan lagi," papar Yudo.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022