Jakarta (ANTARA) - TikTok menyelenggarakan Festival #SerunyaIndonesia pada Jumat sebagai cara untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI dengan menghadirkan ragam kreativitas dari para kreator lintas generasi hingga figur publik.

Head of Operations TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama mengatakan program merupakan bentuk kolaborasi dari komunitas TikTok untuk merayakan keragaman budaya dalam balutan kreativitas anak bangsa.

Baca juga: Indonesia tidak akan ikut-ikutan larang TikTok

Menurut Mahwari, Festival #SerunyaIndonesia dilaksanakan sebagai bentuk dukungan serta rasa cinta TikTok dan komunitasnya kepada Indonesia. Festival tersebut mengedepankan tema “meski berbeda tetap seru jua”.

“Kami percaya bahwa kebhinnekaan itu jadi salah satu kunci agar Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” kata Mahwari saat membuka festival tersebut di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Jumat.

Acara festival termasuk aksi pemecahan rekor MURI oleh kreator Alicia Eva yang melakukan aksi lukis pahlawan terbanyak di mobil dan desainer Christie Basil yang menggandeng lebih dari 77 kreator sebagai model untuk peragaan busana.

Baca juga: Tik Tok dinilai perlu mulai dilirik untuk pengambilan keputusan
Karya lukis yang dibuat oleh kreator Alicia Eva dalam acara Festival #SerunyaIndonesia di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Jumat (19/08/2022). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)


TikTok juga menghadirkan band legendaris Slank yang membawakan lagu “Mars #SerunyaIndonesia”. Ada pula para kreator muda, yaitu Abram A. Lembono, Tiffani Afifa, dan Pieter Anroputra, yang digandeng oleh TikTok untuk membuat dan menampilkan lagu "Serunya Indonesia".

Baca juga: TWICE kini punya saluran TikTok sendiri

Selain itu, acara juga semakin meriah dengan penyelenggaraan turnamen #SerunyaIndonesia berupa permainan tradisional dan pertandingan olahraga khas perayaan 17 Agustus yang dilakukan bersama para kreator TikTok.

Festival merupakan acara puncak dalam kampanye #SerunyaIndonesia yang telah dijalankan sejak awal Agustus. Mahwari mengatakan kampanye #SerunyaIndonesia juga bertujuan untuk merayakan serta memberikan apresiasi kepada komunitas TikTok dan masyarakat karena tidak pernah menyerah selama lebih dari dua tahun berada dalam situasi pandemi COVID-19.

Terdapat lima program lainnya dalam kampanye, dua di antaranya termasuk program promosi pariwisata livestream 77 jam ke 77 destinasi bersama empat kreator yang dinamakan Jelajah #SerunyaIndonesia hingga program pemberdayaan UMKM gratis selama satu tahun yang disebut #MajuBarengTikTok.

Baca juga: Sasar konsumen muda, Piaggio rilis skuter listrik via Tik Tok

Baca juga: GiGa Indonesia soroti Tik Tok yang ciptakan ketelanjangan sosial

Baca juga: Tik Tok dinilai perlu mulai dilirik untuk pengambilan keputusan

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022