Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta maupun arah Cikampek masih beroperasi secara normal
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Pengguna Tol Jakarta-Cikampek diminta mewaspadai kemacetan yang berpotensi terjadi sebagai imbas perbaikan jembatan di ruas jalan tersebut demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan, serta upaya pemenuhan standar pelayanan minimal PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud. Kami mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan," kata Operation and Maintenance Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol Nouval M. Rizky di Cikarang, Jumat petang.

Nouval mengatakan pihaknya telah menyiapkan mitigasi risiko di antaranya pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja, serta persiapan skema lawan apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat.

"Kami juga berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya dan PT Jasamarga Tollroad Operator," katanya.

Dia menjelaskan perbaikan jembatan dilakukan tepat di Kilometer (KM) 28+600 sampai KM 28+678 arah Cikampek pada bahu luar dengan panjang penanganan 78 meter mulai Sabtu (20/8) pukul 01.00 WIB hingga Jumat (26/8) pukul 15.00 WIB.

Kemudian Jembatan KM 41+039 hingga KM 40+833 lajur 1 arah Jakarta dengan panjang penanganan 156 meter yang akan dilaksanakan pada hari Senin (22/8) pukul 01.00 WIB sampai dengan Minggu (28/8) pukul 08.00 WIB.

"Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta maupun arah Cikampek masih beroperasi secara normal," ucap dia.

Selain perbaikan jembatan, pihaknya juga melakukan pekerjaan rekonstruksi rigid pavement di Ramp Simpang Susun Cikunir arah Cikampek lajur 2 dengan panjang penanganan 255 meter mulai Jumat (19/8) pukul 20.00 WIB sampai Senin (22/8) pukul 07.00 WIB.

Perbaikan jalan selanjutnya pada KM 34+272 sampai dengan KM 34+154 pada bahu luar arah Jakarta dan KM 34+272 hingga KM 34+252 di lajur 1 arah Jakarta dengan total panjang penanganan 81 meter mulai Senin (22/8) pukul 10.00 WIB hingga Minggu (28/8) pukul 14.00 WIB.

Pihaknya telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign di kedua arah Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk memastikan informasi ini diterima pengguna jalan.

"Pastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," kata Nouval.

Baca juga: Waspadai macet sepekan imbas perbaikan tiga titik Tol Jakarta-Cikampek

Baca juga: Jasa Marga: Waspada potensi macet imbas perbaikan Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022