Penanaman 10 juta pohon ini harus jadi gerakan agar dilakukan seluruh masyarakat
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggandeng sekolah menengah kejuruan (SMK) binaan PT Astra International untuk meningkatkan perbaikan lingkungan melalui gerakan penanaman 10 juta pohon.

Deputi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat, mengatakan gerakan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terkait persoalan lingkungan.

"Penanaman 10 juta pohon ini harus jadi gerakan agar dilakukan seluruh masyarakat. Kami sebagai Kemenko yang membidangi pembangunan manusia dan menjadi penanggung jawab gerakan nasional revolusi mental, tidak mungkin bisa berjalan sendiri," kata Didik.

Dalam kesempatan itu, dilaksanakan peluncuran Gerakan Penanaman 10 Juta Pohon yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan perbaikan lingkungan.

Baca juga: Menko PMK ajak masyarakat tanam pohon agar kualitas udara membaik

Didik menambahkan dalam upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan perbaikan lingkungan, ia berharap semua pihak bisa secara bersama-sama melakukan penanaman pohon di wilayah Indonesia.

"Gerakan penanaman 10 juta pohon ini selain diharapkan meningkatkan gotong royong untuk lingkungan, juga diharapkan terjadi kemandirian pangan," katanya.

Menurutnya, SMK binaan PT Astra International diharapkan mampu menjadi motor penggerak gerakan menanam pohon di Indonesia. Sebagai informasi, ada sebanyak 3.336 SMK binaan Astra yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Menko PMK gencarkan penanaman 10 juta pohon untuk mitigasi bencana

"SMK sebagai salah satu pilar di sistem pendidikan, harapannya mampu berkontribusi besar. Kami juga berharap Astra membantu kami supaya kemandirian pangan dan buah-buahan bisa dilakukan," katanya.

Sementara itu, Head of CSR Astra, Bima Krida Pamungkas menambahkan, pihaknya berupaya meningkatkan kapasitas SMK Muhammadiyah 1 yang merupakan binaan Astra, khususnya terkait permasalahan lingkungan.

"Program kami bisa bermanfaat, tepat sasaran dan berkelanjutan. Kami memberikan perhatian penuh untuk mengembangkan sekolah-sekolah berbasis lingkungan," katanya.

Sejak 2008 Astra berupaya turut serta dalam upaya perbaikan lingkungan. Melalui program Astra untuk Indonesia Hijau, terdapat dua area konservasi yang dikembangkan bersama sejumlah mitra.

"Sementara pada 2022, kami sudah menanam pohon pada area seluas 550 hektare bersama masyarakat desa binaan," katanya.

Baca juga: Wawali Makassar paparkan program Lorong Wisata di hadapan Menko PMK

Baca juga: Menko PMK gelorakan gerakan cinta menanam bukan menebang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022