Jakarta (ANTARA) - Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi lolos ke semifinal tunggal pekan kedua turnamen seri ITF Men's World Tennis Tour yang digelar di lapangan The Sultan Hotel & Residence, Jakarta.

Wakil tuan rumah berusia 23 tahun itu mengalahkan petenis Jepang Yusuke Takahashi pada babak perempat final, Jumat, dengan dua set langsung 6-4, 6-4.

"Kuncinya sabar, konsisten dan tetap percaya diri," kata Rifqi yang menyelesaikan laga dalam waktu 90 menit itu mengenai kemenangannya, dalam keterangan tertulis.

Pada set pertama mental Rifqi diuji ketika memimpin 5-2 sementara lawan bermain semakin agresif untuk mengejar ketertinggalan.

Meski begitu, juara tunggal PON Papua itu tak kehilangan fokus. Sebaliknya, Takahashi kehilangan ritme dengan banyak melakukan kesalahan sendiri yang dijadikan kesempatan oleh Rifqi untuk mengambil alih set pertama.

Perang psikologis juga berlanjut pada set kedua. Keduanya beradu konsisten mencari celah menemukan break point. Puncaknya terjadi pada kedudukan 5-4 di mana Rifqi memimpin.

Baca juga: Christo/Nathan bertekad kembali ke final pekan kedua ITF M15 Jakarta

Takahashi yang berusaha mencuri set untuk mengejar ketertinggalan, justru tidak dapat mengambil angka dari servis sendiri. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan Rifqi dengan mengambil momen untuk mengemas kemenangan.

Pada babak empat besar, Sabtu, Rifqi menantang kembali wakil Negeri Matahari Terbit yang menjadi unggulan kedua, Shintaro Imai.

"Imai punya peringkat lebih tinggi dan pengalaman yang lebih banyak dibandingkan lawan-lawan di babak sebelumnya. Namun tetap optimistis menghadapinya," kata anggota skuad peraih perak tenis beregu putra SEA Games Vietnam itu.

Terakhir kali putra Indonesia yang menapaki semifinal adalah Christopher Rungkat ketika ajang level tersebut masih bertajuk ITF Men's Future pada 2017.

Sayangnya, duet Christopher Rungkat/Nathan Anthony Barki tak mampu mengulang prestasi seperti pekan pertama turnamen bertajuk Amman International Tennis Championships 2022 itu.

Christo/Nathan kandas 1-6, 6-3 (1-10) dalam semifinal dari pasangan Jepang Issey Okamura/Kento Takeuchi.

Baca juga: Rifqi Fitriadi incar perempat final pekan kedua ITF M15 Jakarta

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022