Sebanyak 76 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi di Balikpapan, mendeteksi 76 titik panas tersebar pada lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Sebanyak 76 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita," ujar prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Jumat.

Sebaran 76 titik panas tersebut pun langsung ia informasikan ke pihak terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Dua hari sebelumnya (Rabu) pihaknya juga mendeteksi adanya 48 titik panas tersebar pada empat kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas tersebut sudah hilang.

Baca juga: BMKG pantau 48 titik panas di Kaltim

Sedangkan 76 titik panas yang terpantau hari ini atau sejak dini hari hingga sore, merupakan titik panas yang berada di lokasi berbeda, meskipun masih ada yang dalam kabupaten yang sama.

Adapun lima kabupaten yang terdeteksi 76 titik panas hari ini adalah di Kabupaten Paser ada 1 titik, Kutai Timur 9 titik, Kutai Kartanegara 3 titik, Berau 14 titik, dan Kabupaten Mahakam Ulu ada 49 titik panas.

Sedangkan rinciannya adalah 1 titik panas yang di Paser berada di Kecamatan Muara Komam dengan tingkat kepercayaan menengah, pada koordinat 115.7931 bujur dan -1.6929 lintang.

Di Kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi 9 titik panas, tersebar pada enam kecamatan, yakni 2 titik di Kecamatan Bengalon, 2 titik di Busang, 2 titik di Rantau Pulung, Kecamatan Kembang, Muara Wahau, dan Sangkulirang masing-masing terdeteksi 1 titik.

Baca juga: BMKG deteksi 73 titik panas di Kaltim

Untuk 3 titik di Kutai Kartanegara, tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Muara Kaman ada 2 titik, kemudian Kecamatan Samboja ada 1 titik.

Kabupaten Berau yang terdeteksi 14 titik, tersebar pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Gunung Tabur dan Sambaliung masing-masing 1 titik, Kelay ada 4 titik, Pulau Derawan 2 titik, Teluk Bayur 3 titik, dan Kecamatan Segah 3 titik.

"Sedangkan 49 titik panas di Mahakam Ulu tersebar pada tiga kecamatan, yakni 42 titik berada di Kecamatan Long Pahangai, 1 titik di Kecamatan Long Bagun, dan 6 titik terpantau di Kecamatan Long Apari," kata Iwan.

Baca juga: BMKG deteksi 31 titik panas di Kaltim

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022