Para pemain tidak bermain bagus, banyak yang salah
Jakarta (ANTARA) - Manajer Manchester United Erik ten Hag mengecam sikap pemain-pemainnya saat kalah memalukan 0-4 dari Brentford akhir pekan lalu dan menuntut mereka bangkit saat pertandingan Senin pekan depan melawan Liverpool.

Pelatih asal Belanda itu memulai awal terburuk yang dialami seorang pelatih United dalam kurun 100 tahun lebih setelah kalah dalam dua pertandingan pembukaan yang membuat Setan Merah terpaku di dasar klasemen Liga Premier untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir.

Para pemain Brentford menjelajahi lapangan dengan selisih jarak 13,8 kilometer lebih jauh saat mengalahkan United.

Ten Hag lalu seketika membatalkan sehari libur yang agar pasukannya bisa berlari sejauh itu sehari setelah dikalahkan Brentford itu.

Baca juga: Hancurkan Manchester United, Pelatih Brentford tak bisa berkata-kata

“Saya jelas tidak senang,” kata Ten Hag dalam konferensi pers prapertandingan Jumat waktu setempat. "Hal-hal mendasar wajib bagus dan itu wajib dimulai dengan perilaku yang benar."

"Anda butuh semangat juang di lapangan dan saya tidak melihatnya sejak menit pertama.

"Para pemain tidak bermain bagus, banyak yang salah. Anda tidak usah membahas (taktik) apa pun jika perilakunya tidak benar."

Awal buruk United musim ini mengikuti musim panas yang mengecewakan di pasar transfer setelah perburuan berlarut-larut dalam mendapatkan Frenkie de Jong dari Barcelona sepertinya akan berakhir dengan kegagalan.

Baca juga: Chelsea siap penuhi permintaan Barcelona untuk Frenkie de Jong

Namun, raksasa Liga Inggris itu sepertinya bersiap mendapatkan gelandang Real Madrid Casemiro yang seharga 70 juta euro (Rp10,47 triliun).

Ten Hag tak mau mengomentari kedatangan pemain Brazil itu, tetapi mendukung pemilik klub yang lagi disudutkan penggemar, keluarga Glazer.

Sebuah protes massal direncanakan di luar Old Trafford menjelang pertandingan Liverpool setelah pendukung mengambinghitamkan sepuluh tahun kemunduran di bawah pemilik asal Amerika itu sejak mantan manajer legendaris Alex Ferguson pensiun.

"Saya hanya bisa mengatakan pemilik ingin menang," tambah Ten Hag seperti dikutip AFP, Jumat. "Penggemar, kami ingin mereka berada di belakang klub."

Baca juga: Ten Hag nilai Manchester United masih miliki ruang untuk berkembang

"Kadang-kadang saya bisa memahami tetapi saya belum lama di klub ini sehingga saya bisa melihat semua latar belakang, tetapi kami harus berjuang bersama, jadi kami harus bersatu dan berjuang bersama."

Bahkan jika Casemiro jadi dibeli sebelum Senin, dia tidak akan bisa diturunkan melawan Liverpool.

Anthony Martial sudah bugar kembali dan ini membuat Ten Hag dihadapkan kepada masalah apakah akan menurunkan Cristiano Ronaldo sejak awal pertandingan.

Peraih Ballon d'Or lima kali itu telah tampil dalam dua pertandingan pembuka United musim ini, tetapi tampaknya masih berusaha hengkang dari Old Trafford sebelum jendela transfer ditutup.

Baca juga: Ten Hag tuntut Ronaldo tingkatkan kebugaran jika ingin masuk tim utama
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022