Saya sangat apresiasi besar kepada panitia yang terus berinovasi dan adaptasi mengembangkan potensi yang ada di NTB khususnya
Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sangat mendukung pelaksanaan "ANTARA NTB Rinjani Color Run" yang dilaksanakan di Sembalun Kabupaten Lombok Timur, karena bisa mendorong pemulihan ekonomi pasca COVID-19.

"Saya sangat apresiasi besar kepada panitia yang terus berinovasi dan adaptasi mengembangkan potensi yang ada di NTB khususnya," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat membuka acara tersebut secara virtual dari Jakarta, Sabtu.

Kegiatan Rinjani Color Run itu dilaksanakan untuk menggairahkan kembali dunia pariwisata di wilayah Nusa Tenggara Barat, khususnya Gunung Rinjani yang selama ini cukup berdampak COVID-19. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Republik Indonesia.

"Rinjani Color Run ini diharapkan bisa meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan," katanya.

Sandiaga mengatakan, kegiatan ini juga diharapkan bisa mendorong peningkatan kemandirian dan kolaborasi masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di wilayah NTB.

Selain itu, kegiatan ini bisa membuka peluang usaha yang cukup efektif berdampak pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masyarakat.

"Ini bisa menggerakkan ekonomi UMKM. Garap semua potensi yang ada untuk pemulihan dan kebangkitan ekonomi masyarakat," katanya.

Sandiaga juga berpesan kepada peserta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dan mematuhi kebijakan pemerintah daerah serta Satgas COVID-19 dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

"Protokol kesehatan COVID-19 sangat penting untuk tetap diterapkan," kata Sandiaga Uno.

Sementara Kepala LKBN Antara Biro NTB, Riza Fahriza mengatakan, "Rinjani Color Run 2022" serta "Seruput Kopi Sembalun bersama 5.000 Peserta" di ketinggian 1.056 Meter di atas Permukaan Laut (Mdpl) digelar dalam rangka menggairahkan dunia pariwisata di Pulau Lombok, khususnya di kaki Gunung Rinjani.

"Melalui kegiatan itu juga guna memperkenalkan kopi Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani," katanya.

Kegiatan tersebut guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia dan HUT Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan Rinjani Color Run 2022 merupakan bagian dari sumbangsih LKBN Antara Biro NTB untuk kemajuan dunia pariwisata di Pulau Lombok yang pemandangan alamnya sangat eksotik baik pantai, air terjun sampai gunung.

"Wisata di Sembalun ini bisa menjadi penunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang saat ini telah menjadi proyek strategis nasional," katanya.

Kegiatan itu dilepas langsung oleh Direktur Keuangan, MSDM dan Manajemen Risiko Perum LKBN ANTARA, Nina Kurnia Dewi bersama Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy dan kepala OPD di daerah setempat.

Baca juga: LKBN ANTARA gelar pelatihan UMKM di kaki Gunung Rinjani

Baca juga: Geopark Merangin gandeng Geopark Rinjani jelang penilaian UNESCO

Baca juga: Gubernur Zulkieflimansyah ajak warga lestarikan warisan alam NTB

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022