Padang (ANTARA) - PT Semen Padang kembali melakukan penghijauan di area pabrik melalui penanaman pohon yang kali ini dilakukan pada area rawmill Indarung V.
 
Direktur Operasi PT Semen Padang Indrieffouny Indra di Padang, Sabtu mengatakan pada tahun ini pihaknya menargetkan penanaman 1.000 pohon di areal pabrik.

Penanaman pohon itu dilakukan agar lingkungan pabrik jadi hijau, dengan adanya pepohonan, memberikan rasa teduh di pabrik. Masih banyak area pabrik yang kosong dan perlu ditanami pohon. Dengan adanya penghijauan, kita menghasilkan oksigen ke lingkungan kita," kata dia.

Menurutnya target penanaman 1.000 pohon dilakukan di area sekeliling pabrik. Sementara untuk area tambang juga sudah punya program sendiri di area reklamasi.

"Untuk tambang, kita lengkapi penghijauan terutama di jalan baru tambang dan area lainnya," dia.

Sementara Kepala Unit SHE PT Semen Padang Musytaqim Nasra menambahkan pada tahun ini PT Semen Padang telah melakukan penghijauan di berbagai area pabrik.

Di antaranya, pada Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional dan Mutu tahun 2022 pada 12 Februari 2022 dilakukan penanaman pohon di area reklamasi front II Timur IUP 206, Tambang Semen Padang.

Penghijauan di area tambang Batu Kapur itu, dengan penanaman pohon trembesi. Penanaman pohon ini pada intinya juga bagian dari program reklamasi tambang yang terus dilakukan PT Semen Padang secara berkelanjutan dari tahun ke tahun sesuai dengan dokumen Reklamasi dan Pasca Tambang Semen Padang.

Selanjutnya, pada 14 Februari 2022 dilakukan penanaman pohon di arah barat CCR Pabrik Indarung VI. Pohon yang ditanam yakni berbagai bibit batang pohon yang terdiri dari pohon trembesi, pohon mahoni, pohon dadap dan pohon bambu.

Pada 10 Juni 2022, manajemen Semen Padang kembali melakukan penanaman pohon di area Reklamasi Tambang PT Semen Padang, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dengan tema Only One Earth.

Penanaman pohon jenis trembesi dan sengon di bekas kawasan IUP 206 hektare itu, dilakukan oleh Dirut PT Semen Padang Asri Mukhtar, dan Direktur Operasi PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, dan sejumlah staf pimpinan di lingkungan PT Semen Padang.

"Sesuai arahan manajemen agar penghijauan terus dilakukan terutama di area emplasemen perusahaan," kata Mustaqim.

Hadir pada penghijauan Kepala Departemen Pemeliharaan, Muhammad Syafitri, Kepala Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku Sumarsono, Kepala Departemen Produksi Semen, Abdul Hakim Lubis, Kepala Departemen Produksi Terak, Andria Delfa, serta jajaran Staf pimpinan lainnya.
Baca juga: Semen Padang tanam ribuan kaliandra berdayakan warga sekitar hutan
Baca juga: PT Semen Padang tingkatkan kinerja ekspor hadapi persaingan nasional

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022