Jakarta (ANTARA) - Uniqlo Indonesia merangkul para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) lokal di Indonesia untuk memasarkan produknya hingga ke pasar global.

"Hal ini selaras dengan wujud nyata tiga pilar utama sustainability, yaitu People, Planet dan Society, yang diusung oleh Uniqlo," kata Irma Yunita, Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo Indonesia) dalam siaran pers pada Sabtu.
 
Ilustrasi display Uniqlo Neighborhood di gerai Uniqlo. (ANTARA/HO)

Baca juga: Uniqlo kampanyekan pelestarian lingkungan

Pilar tersebut di antaranya untuk terus berupaya berperan aktif dan secara nyata berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat di Indonesia dengan merangkul kearifan lokal, membangkitkan perekonomian ritel di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar lokasi usaha melalui program Kolaborasi Uniqlo Neighborhood,"

Program yang diluncurkan pada tahun 2019 itu merupakan sebuah instalasi di area toko-toko Uniqlo Indonesia yang menampilkan beberapa produk dan informasi dari UKM lokal yang telah terpilih melalui proses kurasi, Dalam program ini Uniqlo bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah untuk menemukan produk UKM yang menjadi ciri khas di daerah masing-masing.

Hingga kini, program ini telah hadir di 25 kota di Indonesia dengan total lebih dari 210 UKM yang berpartisipasi dan dikaji setiap 1 tahun sekali untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak pelaku UKM lokal agar dapat menjadi bagian dari program kolaborasi Uniqlo Neighborhood.

Baca juga: UNIQLO Indonesia rilis koleksi Fall/Winter bertema "Today's Classics"

Program Kolaborasi Uniqlo Neighborhood menjadi wujud dukungan Uniqlo Indonesia terhadap pelaku bisnis lokal untuk dapat terus berkembang semakin baik lagi melalui berbagai cara diantaranya dengan membantu mempromosikan produk-produk lokal dengan cakupan yang lebih luas serta kolaborasi dengan para pelaku UKM. Di samping itu, UNIQLO juga secara berkelanjutan memberikan pelatihan bagi para UKM guna meningkatkan daya saing UKM dalam memasarkan produknya.

Inisiatif ini juga mendapat apresiasi dan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada bulan September 2021 lalu di Uniqlo Solo Paragon. Kerja sama itu merupakan sinergi dan wujud kolaborasi yang diharapkan mampu membuka peluang kerja sama antara UKM lokal dan bisnis skala besar.

Dengan begitu, UMK lokal diharapkan dapat bersaing di pasar domestik hingga global serta membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.
 
Ilustrasi display Uniqlo Neighborhood di gerai Uniqlo. (ANTARA/HO)

Selain program Kolaborasi "Uniqlo Neighborhood", Uniqlo Indonesia juga sudah menjalankan berbagai inisiatif untuk masyarakat Indonesia di antaranya mendukung penanggulangan wabah COVID-19 di melalui rangkaian program donasi berkelanjutan sejak tahun 2020 hingga 2022 ini. Uniqlo telah mendonasikan 500 ribu masker medis kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) hingga membuka sentra vaksinasi di 5 daerah di Indonesia dengan menyiapkan 250 ribu vaksin dosis pertama dan kedua.

Uniqlo juga telah menyalurkan 50 ribu vaksin booster kepada masyarakat yang berusia di atas 17 tahun, khususnya yang terlibat dalam ekosistem ritel, termasuk UMKM dan UKM, para supplier, distributor hingga karyawan pabrik dan masyarakat serta penyandang disabilitas.

Baca juga: Sentuhan lembut Mame Kurogouchi dalam koleksi musim panas Uniqlo 2022

Baca juga: Uniqlo luncurkan SPY X Family UT

Baca juga: Uniqlo serahkan 5.000 pakaian untuk Indonesia Timur

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022