Jakarta (ANTARA) - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyerahkan "Buku Saku Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP)" kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD di Sumatera Barat untuk menjadi panduan mereka dalam bertugas dan membumikan Pancasila di tengah masyarakat.

"Dengan berbekal buku saku tersebut, para Babinsa dapat menyampaikan pemahaman tentang Pancasila dan menjawab pertanyaan mendasar dari masyarakat,” kata Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) BPIP Aris Heru Utomo, seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Adapun "Buku Saku PIP" bagi Babinsa tersebut, lanjut Aris, berisi materi dasar pemahaman Pancasila, seperti sejarah kelahiran dan perumusan Pancasila, nilai-nilai Pancasila, informasi dasar mengenai pemerintahan desa, dan tantangan yang dihadapi dalam memahamkan Pancasila.

Baca juga: Menpora tak masalahkan pembinaan Paskibraka kini ditangani BPIP

Menurut dia, pembuatan "Buku Saku PIP" didahulukan bagi Babinsa TNI AD karena mereka merupakan unsur terdepan dalam pembinaan teritorial yang dilakukan TNI AD dan langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Hal tersebut dia sampaikan saat menyerahkan secara resmi "Buku Saku PIP" bagi Babinsa kepada Komandan Korem 032/Wirabraja Sumatera Barat Brigjen TNI Purmanto dalam acara “Silaturahim Daerah Sumatera Barat melalui Diskusi Kelompok Terpumpun Kebangsaan dan Narasi Pancasila” di Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (19/8).

Baca juga: BPIP susun materi lambang Garuda demi tingkatkan pemahaman publik
Baca juga: BPIP apresiasi peluncuran buku Paradigma Pancasila Membangun Indonesia


Penyerahan buku saku yang disiapkan Direktorat Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) BPIP itu disaksikan Wakil Kepala BPIP Karjono, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Wakil Asisten Teritorial Kasad Bidang Tahwil Komsos dan Bakti TNI Brigjen TNI Rudy Rachmat Nugraha, para bupati dan wali kota se-Sumatera Barat, serta para tamu undangan lainnya.

Aris menyampaikan buku saku yang diserahkan BPIP kepada Babinsa TNI AD itu merupakan tindak lanjut atau turunan dari “Standar Materi Pembinaan Ideologi Pancasila bagi TNI” yang telah diserahkan Kepala BPIP Yudian Wahyudi kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada 17 April 2022.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022