Makassar (ANTARA) - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Andi Ritamariani mengatakan, pihak melakukan sistem jemput bola melalui Layanan KB Care.

"Melalui layanan ini pihak yang ingin berkonsultasi ataupun melakukan pemasangan alat kontrasepsi cukup menghubungi Layanan KB Care," kata Andi Rita di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, Layanan KB Care ini secara online merupakan bagian dari program bangga Kencana di lapangan hal ini telah dilakukan sejak masa pandemi karena keterbatasan masyarakat ke tempat layanan kesehatan.

Cukup menghubungi call center atau nomor WhatsApp yakni 081342119442 mulai pukul 09.00 WITA hingga pukul 15.00 WITA pada hari Senin hingga hari Jumat.

Baca juga: 24 kabupaten/kota di Sulsel bersinergi turunkan kekerdilan

Baca juga: BKKBN Sulsel buka layanan KB keliling di tengah pandemi COVID-19


Adapun Layanan KB Care itu diantaranya konsultasi kesehatan reproduksi, konseling KB pasca persalinan atau pasca keguguran, konseling kontrasepsi yang cocok, konseling kemitraan pendistribusian obat atau alat kontrasepsi ke fasilitas kesehatan swasta.

Termasuk konsultasi layanan rumah sakit swasta, konsultasi layanan sertifikasi kompetensi bagi bidan, perawat dan dokter.

"Juga layanan KB gratis dan untuk pengaduan masyarakat terkait layanan KB,'' ujar Andi Rita.

Menurut dia, semua bentuk layanan itu dimaksudkan mempermudah mengakses layanan KB ataupun berkonsultasi terkait kondisi calon akseptor.*

Baca juga: Karawang tekan kasus kematian ibu dan bayi melalui peraturan bupati

Baca juga: BKKBN Jabar targetkan 100 persen pelayanan KB pascapersalinan

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022