Jakarta (ANTARA) - Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengharapkan ribuan pramuka dari seluruh Indonesia yang mengikuti Jambore Nasional dapat menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Sabtu, ia mengharapkan saat Indonesia Emas 2045 para peserta yang saat ini berusia 11-15 tahun dapat menjadi pemimpin berbagai bidang dalam periode tersebut.

Menurutnya, dengan berbagai ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman serta tambahan wawasan yang diterima selama Jambore Nasional dapat dijadikan sebagai bekal untuk kehidupan di masa yang akan datang.

"Pada saat itu diharapkan adik-­adik semua dapat menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai bidang. Jadikanlah proses pembelajaran dan pengalaman Jamnas ini untuk menjadi kenang­-kenangan dan proses pembelajaran yang sangat berharga untuk masa depan untuk adik-adik semua," kata dia.

Berbicara dalam penutupan Jambore Nasional di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu, Budi juga mendorong agar persaudaraan ribuan peserta jambore akan terus berlangsung demi memupuk jiwa persatuan dan kesatuan berlandaskan Pancasila yang teguh memegang Bhinneka Tunggal lka dan NKRI.

"Agar Indonesia di masa depan dapat menjadi bangsa yang lebih besar, maju, sejahtera, damai, dan bersahabat," kata Budi.

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi kegiatan Jambore Nasional XI di Cibubur

Kepada 8.042 pramuka penggalang dari seluruh Indonesia yang telah berkemah sejak 12 Agustus 2022 itu, dia menyampaikan bahwa semua dapat menjaga persaudaraan tanpa memandang perbedaan suku, ras dan agama, antar golongan, dan perbedaan lain.

Termasuk juga dengan pramuka penggalang berkebutuhan khusus dapat saling membantu dan menjalin persaudaraan setara dan sederajat. Dengan terdapat 66 pramuka dengan kekhususan seperti tunanetra, tunadaksa, tunarungu dan tunagrahita yang menjadi peserta jambore.

Ada pula peserta yang berasal dari gugus depan berpangkalan di KBRI/KJRI yaitu dari Malaysia sebanyak 15 orang, Filipina 12 orang, dan NSO yaitu dari Persekutuan Pengakap Malaysia 21 orang dan UK Muslim Scout Fellowship. Selain itu hadir perwakilan dari WOSM, APR dan World Scout Foundation, National Scot Organization of Thailand dan Korea Scout Association.

Selama sepekan berkemah bersama menciptakan keakraban di antara para peserta yang beragam tersebut.

Budi berpesan agar hal itu dapat dijaga dengan berkomunikasi baik melalui sosial media maupun bertatap muka secara langsung.

Jambore Nasional Ke-11 Tahun 2022 mengambil tema "Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi." Kegiatan Jambore Nasional dipersiapkan, direncanakan, dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Kakwarnas: Pramuka harus selalu jalin persaudaraan sesama anak bangsa
Baca juga: 11 ribu Pramuka Penggalang ikuti Jambore Nasional


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022