Nanti kami akan bangun dermaga di Pulau Labengki sehingga wisatawan bisa datang ke sana dengan mudah
Kendari (ANTARA) - Kementerian Perhubungan akan membangun dermaga di Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) guna mendukung kemajuan pariwisata di daerah tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Konawe Utara, Sabtu mengatakan hal itu dilakukan guna meningkatkan daya tarik dan memudahkan akses untuk menuju salah satu destinasi wisata di Konawe Utara.

"Nanti kami akan bangun dermaga di Pulau Labengki sehingga wisatawan bisa datang ke sana dengan mudah," katanya saat kunjungan kerja di Konawe Utara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Jenderal Pelabuhan Laut Arif Toha Tjajagama, bersama Gubernur Ali Mazi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Konawe Utara.

Menhub disambut langsung Bupati Konawe Utara Ruksamin bersama Wakil Bupati Konawe Utara Abuhaera, Forkopimda Konawe Utara dan Sekretaris Daerah Konawe Utara serta kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara.

Budi Karya menuturkan, pembangunan dermaga di Pulau Labengki nantinya juga bisa menjadi salah satu pemasukan tambahan negara dari sektor wisata. Pihaknya akan segera merancang sebuah konstruksi dermaga yang juga bisa berfungsi sebagai penahan ombak.

"Kami akan membuat suatu konstruksi yang berfungsi sebagai dermaga dan juga sebagai penahan ombak," katanya.

Bupati Konawe Utara Ruksamin mengungkapkan kegembiraannya atas rencana pembangunan dermaga di Pulau Labengki.

Ia mengaku bahwa Menhub telah mengarahkan dirinya agar segera membawa proposal perencanaan pembangunan pelabuhan itu ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

"Beliau (Menteri Perhubungan) arahkan segera bawa proposal ke Jakarta sebelum tanggal 27 Agustus 2022," kata Bupati.

Selain melakukan kunjungan kerja di Konawe Utara, Menhub Budi Karya Sumadi juga melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Bungkutoko.Kota Kendari dan di Jetty PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI), di Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe.

Baca juga: Kemenhub akan tertibkan TUKS dan Terminal Khusus Pelabuhan di Sultra
Baca juga: Menhub janji izin Pelabuhan KIHI di Kaltara selesai akhir Agustus 2022

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2022