Jakarta (ANTARA) - Wakil Walikota Depok, Jawa Barat, Imam Budi Hartono menyatakan Grand Opening X Talkshow Depok Kita 2022 dirancang untuk meningkatkan partisipasi publik dalam menjalankan gaya hidup tanpa sampah (zero waste living).

“Selain memberi manfaat bagi masyarakat Depok, kegiatan Depok Kita 2022 juga diharapkan menjadi wadah bagi mahasiswa yang ingin turut berpartisipasi dan memberikan aksi nyata kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat,” kata Imam dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu

Depok Kita merupakan sebuah program Community Service atau pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang dinaungi oleh Departemen Sosial Masyarakat BEM UI 2022.

Depok Kita 2022 juga bentuk nyata dari dukungan pemerintah terhadap pemberdayaan kesehatan, lingkungan, pendidikan dan kreativitas warga Kampung Lio, Depok.

Baca juga: Zero Waste Indonesia Sukses Gelar Pop-Up Event #TukarBaju : #BarterForBetter

Baca juga: Cerita Bumi Bulk Store & Refillery jalankan bisnis ramah lingkungan


Dalam program itu, penyelenggara mengadakan sebuah talkshow yang bertemakan “Zero Waste Based Business and The Impact for the Environment” yang bertujuan untuk menggalang dana yang kemudian didonasikan kepada masyarakat Kampung Lio.

Kegiatan Grand Opening X Talkshow Charity dilakukan sebagai bentuk galang dana untuk keperluan donasi masyarakat Kampung Lio yang akan menjadi titik sasaran aksi intervensi Depok Kita 2022..

Dalam kegiatan penggalangan dana tersebut, peserta juga mendapatkan wawasan seputar implementasi gerakan zero waste pada penerapan bisnis, serta mengupas masalah yang dihadapi dalam membangun gerakan zero waste agar bisa survive dan eksis bersaing dengan kompetitor produsen produk lain.

Dalam kesempatan itu, Talkshow juga membahas tentang penggunaan produk sustainable dengan mengundang Nala Amirah, Fadli Robbi, dan Sifa Fauzia, SKM., MKM sebagai pembicara, yang bertujuan untuk menyajikan informasi terkait manfaat, serta pentingnya pengolahan produk serta sampah hasil industri menjadi produk yang ramah lingkungan serta berkelanjutan.

Setelah talkshow berakhir, para peserta berkesempatan memenangkan give away oleh PT Insight Invest Management sebagai sponsor kegiatan Grand Opening X Talkshow Charity Depok Kita 2022.

Grand Opening X Talkshow Depok Kita 2022 juga hadir sebagai titik awal dari kegiatan Depok Kita sehingga menjadi pembuka rangkaian kegiatan lainnya, yakni intervensi kesehatan lingkungan, intervensi pendidikan kreatif, bakti sosial, serta Grand Closing.

Adanya Grand Opening X Talkshow Charity Depok Kita 2022 diharapkan dapat menjadi wadah bagi peserta dari beragam universitas/institusi untuk dapat mengenali Kampung Lio,

Depok selaku kampung sasaran yang akan dituju. Terlebih lagi, adanya informasi seputar bisnis dan penerapan zero waste serta dampaknya bagi lingkungan sekitar yang dapat diterapkan oleh para peserta talkshow.

Sebab, konklusi pembahasan dari tema yang dibawa oleh para pembicara pada kegiatan Grand Opening X Talkshow Charity adalah konsep bisnis dengan pengaplikasian zero waste dapat menjadi sebuah solusi permasalahan sampah produksi yang tak kunjung usai.

Adapun dalam mewujudkan hal tersebut, kolaborasi produsen bersama konsumen menjadi penting untuk menyukseskan konsep hidup berkelanjutan (sustainable living).

Kegiatan Depok Kita 2022 hadir sebagai gerakan pemberdayaan masyarakat yang menyasar berbagai aspek kualitas hidup masyarakat Depok yang lebih baik seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan serta kreativitas.

“Depok Kita 2022 yakin bahwa dengan ini, mahasiswa mampu dan semakin termotivasi untuk berkolaborasi serta peduli kepada masyarakat sebagai generasi muda bangsa Indonesia,” ujar Imam Budi Hartono.*

Baca juga: Hari Bumi momen memilah sampah dari rumah

Baca juga: Dua desa di Denpasar raih penghargaan "Desa Zero Waste"


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022