Belitung (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan sebanyak 22 negara telah mengkonfirmasi untuk menghadiri Development Working Group (DWG) G20 di Belitung pada 7 hingga 9 September 2022.

"Jumlah konfirmasi per hari ini sudah 22 negara akan hadir DWG G20 di Belitung," kata Suharso Monoarfa saat meninjau kesiapan fasilitas bandara dan rumah sakit di Belitung, Minggu.

Baca juga: Menteri Bappenas kunjungi Belitung pastikan kesiapan fasilitas G20

Ia mengatakan sejauh ini sudah 22 negara yang memberikan konfirmasi baik secara teregistrasi maupun informal hadir G20 di Belitung, sementara itu terdapat juga beberapa negara yang akan hadir mempertimbangkan dari sisi penerbangan, keamanan dan akomodasi.

"Beberapa negara menginginkan adanya penerbangan langsung dari Singapura, sehingga kami telah berkomunikasi dengan menteri perhubungan penerbangan dari Singapura ke Belitung bisa kembali dibuka," ujarnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengatakan pemerintah provinsi, kabupaten dan instansi terkait lainnya sudah melakukan berbagai kesiapan mendukung DWG G20 Belitung.

“Secara umum tadi sudah dilaporkan, walaupun belum semuanya seratus persen selesai dan tidak ada kendala besar seperti akses bandara, penerbangan, jalan, rumah sakit, hotel sudah disiapkan, kemudian PLN, Pertamina, internet, serta air bersih dari PDAM,” ujarnya.

Ia mengatakan dari segi keamanan juga terus dimatangkan persiapannya, baik dari Polri, TNI, Kementerian Perhubungan hingga Basarnas.

"Insya Allah semua persiapan G20 di Belitung sudah aman," ujarnya. 

Baca juga: Menteri PPN pastikan fasilitas RSUD Belitung siap dukung G20
Baca juga: Pemkab Belitung aspal ulang jalan nasional sambut G20
Baca juga: Tiga maskapai tambah jadwal penerbangan ke Belitung jelang G20

Pewarta: Aprionis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022