GenRe dibentuk sebagai upaya menguatkan peran remaja Indonesia dalam mempercepat penurunan angka prevalensi stunting yang masih 24,4 persen
Yogyakarta (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan bahwa program GenRe (Generasi Berencana) mengajak para remaja untuk meningkatkan peran dalam merencanakan masa depan berkeluarga yang bebas dari kekerdilan pada anak (stunting).

“Forum GenRe Indonesia adalah sebuah program strategis BKKBN yang digerakkan oleh remaja untuk memberikan edukasi kepada rekan sebaya, mengenai pentingnya merencanakan masa depan. Kita bersyukur bisa bertemu dengan remaja-remaja dari Sabang sampai Merauke,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo di Yogyakarta, Ahad (21/8) 2022.

Ia menyatakan bahwa GenRe dibentuk sebagai upaya menguatkan peran remaja Indonesia dalam mempercepat penurunan angka prevalensi stunting yang masih 24,4 persen.

Melalui GenRe, para remaja akan diajak untuk mengenal dan memahami lebih dekat batasan usia perkawinan, masalah pendidikan serta pentingnya pengetahuan terkait kesehatan reproduksi.

Adapun tiga masalah remaja yang saat ini berusaha diselesaikan oleh BKKBN melalui forum GenRe yakni tingginya pernikahan dini, pergaulan atau seks bebas dan penggunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza).

Sebagai bentuk keseriusan BKKBN dalam membangun remaja Indonesia yang penuh perencanaan dan tangguh, Hasto turut mengukuhkan Ketua Forum GenRe terpilih periode 2022-2024 Alif Baslamin, remaja dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ia meminta pada setiap memberikan surat keputusan (SK) kepada remaja yang tergabung dalam forum GenRe agar mendapatkan pengakuan dari pemerintah daerah, sekaligus memberikan semangat untuk menggerakkan pembangunan di desa-desa.

“Anak muda itu generasi penentu bangsa. Kalian yang akan melahirkan anak-anak yang stunting atau tidak. 20 tahun lagi, adik-adik yang akan memimpin bangsa kita ini. Saya doakan kelak menjadi gubernur, menteri, atau kepala BKKBN,” kata Hasto Wardoyo.

GenRe sendiri merupakan sebuah forum yang digagas oleh BKKBN dengan target sasaran remaja 10-24 tahun yang belum menikah dan memiliki kepedulian yang tinggi pada kehidupan remaja di Indonesia.

Pembentukan forum GenRe bertujuan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi para remaja dalam menyiapkan jenjang pendidikan yang terencana, berkarir dalam pekerjaan yang terencana, menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi.

Kemudian, sebanyak 550 perwakilan remaja terpilih dari seluruh Indonesia hadir dalam kegiatan yang bertajuk “Apresiasi Duta Genre dan Jambore Kreativitas Remaja” itu.

Baca juga: BKKBN: Stunting beri pukulan besar bagi ekonomi bangsa Indonesia

Baca juga: BKKBN kukuhkan istri wali kota dan bupati se-Jatim sebagai Bunda Genre

Baca juga: Bandung jadi kota pertama "roadshow" penurunan stunting BKKBN-TNI

Baca juga: BKKBN kukuhkan Ketua Tim PKK Jateng jadi Bunda Genre dan Duta Stunting


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022