Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan terus melakukan peningkatan kualitas layanan pemesanan tiket secara daring (online) bagi pengguna jasa ferry di Kawasan Danau Toba khususnya di Lintasan Ajibata - Ambarita.

"Layanan tiket online yang perdana diterapkan pada lintasan Ajibata-Ambarita ini merupakan salah satu wujud komitmen ASDP untuk berperan aktif dalam memajukan Kawasan Danau Toba yang masuk dalam proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan destinasi pariwisata super prioritas," kata Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Shelvy mengatakan, dalam dua tahun terakhir ini ASDP terus mengakselerasi program digitalisasi layanan tiket ferry berbasis online, baik dengan metode pembayaran menggunakan cashless, barcode, dan juga e-ticketing berbasis website.

Adapun dalam penerapan digitalisasi ini, metode penjualan tiket yang sebelumnya hanya bisa didapatkan di pelabuhan sekarang dapat dipesan melalui online.

Pembayaran tiket ferry online dapat dibayar melalui berbagai pilihan metode pembayaran seperti Virtual Account Bank dan Dompet Digital.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa ferry, khususnya yang menyeberang di lintasan Ajibata-Ambarita agar melakukan pembelian tiket secara online. Kini naik ferry semakin mudah, aman dan nyaman," ujarnya.

Lintasan Ajibata-Ambarita yang dilayani KMP Ihan Batak adalah salah satu jalur tersibuk menuju destinasi pariwisata favorit Danau Toba yang juga merupakan salah satu dari program pariwisata super prioritas yang digagas Presiden Jokowi.

Selain lintasan Ajibata-Ambarita yang dilayani KMP Ihan Batak, ASDP juga melayani kawasan Danau Toba dengan rute Muara - Onan Runggu dengan KMP Kaldera Toba, dan lintasan Balige-Onan Runggu yang dilayani KMP Pora-Pora.

Ditargetkan, seluruh lintasan di Kawasan Danau Toba ini ke depannya juga dapat menerapkan reservasi tiket online, sehingga akan semakin memudahkan masyarakat.

Harapannya, dengan hadirnya layanan ASDP disini dapat lebih meningkatkan kemajuan sektor pariwisata Danau Toba agar semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca juga: Pelabuhan Ajibata dan Ambarita telah resmi dikelola ASDP
Baca juga: ASDP bidik laba Rp541 miliar hingga akhir tahun 2022
Baca juga: KMP Kaldera Toba antarkan delegasi W20 Summit menuju Pulau Samosir

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022