Jakarta (ANTARA) - Barcelona meraih kemenangan secara meyakinkan dengan skor 4-1 atas Real Sociedad dalam lanjutan pekan ke-2 Liga Spanyol di Reale Arena, San Sebastian pada Minggu (Senin dini hari WIB), yang menjadi kemenangan perdana Blaugrana pada musim ini.

Robert Lewandowski memperlihatkan kualitasnya dengan mencetak dua gol. Dua gol lainnya disumbangkan oleh Ansu Fati dan Ousmane Dembele. Sedangkan Sociedad hanya bisa membalas lewat gol Alexander Isak.

Kemenangan ini membuat Barcelona naik ke peringkat ke-5 klasemen sementara, dengan meraih total empat poin. Bagi Sociedad, kekalahan ini membuat mereka merosot ke posisi 10 dengan torehan tiga poin, demikian catatan Liga Spanyol.

Barcelona langsung menggebrak saat laga baru berjalan 46 detik. Lewat skema serangan balik, Barcelona memecah kebuntuan lewat gol perdana Lewandowski setelah menerima umpan dari Alejandro Balde dari sisi kiri. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Tidak butuh waktu lama bagi Sociedad untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-6, Isak sukses manfaatkan kecerobohan Barcelona saat menguasai bola dan melakukan lob melewati kiper Marc Andre-ter Stegen. Skor menjadi 1-1.

Baca juga: Atletico Madrid takluk 0-2 saat jamu Villarreal

Sociedad memiliki peluang membalikkan keadaan pada menit ke-27. Bola hasil tepisan Ter Stegen jatuh ke kaki Takefusa Kubo, tetapi tendangan pemain asal Jepang itu masih melebar.

Sociedad lagi-lagi meraih peluang tepat di ujung babak pertama. Kali ini, tendangan David Silva masih dapat ditepis oleh Ter Stegen.

Sociedad sempat menggetarkan gawang Barcelona pada menit ke-53. Namun, wasit menganulirnya karena menganggap pemain Sociedad sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Barcelona akhirnya lebih dulu menggandakan keunggulan pada menit ke-66. Fati melakukan backheel kepada Ousmane Dembele yang terbuka lebar untuk mencetak gol melalui tendangan keras kaki kirinya. Tim tamu unggul 2-1.

Lewandowski mencetak gol keduanya dua menit berselang lewat tendangannya di depan gawang. Kali ini dia menuntaskan umpan dari Ansu Fati. Skor menjadi 3-1 untuk Barcelona.

Gol terakhir Blaugrana diciptakan oleh Ansu Fati. Dia mencetak gol pada menit ke-79 lewat penyelesaiannya di depan gawang setelah menerima umpan backheel Lewandowski. Pertandingan berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Barcelona.

Susunan Pemain:
Real Sociedad (4-1-2-1-2): Alex Remiro; Artiz Elustondo (Antoni Gorosabel 78'), Igor Zubeldia, Robin Le Normand, Aihen Munoz; Martin Zubimendi; Brais Mendez, Mikel Merino (Jon Karrikaburu 78'); David Silva (Benart Turientes 69'); Alexander Isak (Robert Navarro 69'), Takefusa Kubo (Mohamed-Ali Cho 69').

Barcelona (3-2-4-1): Marc-Andre Ter Stegen; Ronald Araujo, Andreas Christensen, Eric Garcia; Frenkie De Jong (Sergi Roberto 85'), Gavi (Franck Kessie 85'); Ousmane Dembele (Jordi Alba 72'), Pedri, Ferran Torres (Ansu Fati 64'), Alex Balde (Raphinha 64'); Robert Lewandowski.

Baca juga: Gol sensasional Modric warnai kemenangan besar Madrid atas Celta
Baca juga: Betis dan Osasuna lanjutkan tren menang awal musim

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022