Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah sedang merumuskan skema pemberian suku bunga rendah dan keringanan uang muka untuk pengadaan alat dan mesin pertanian (alsintan) secara mandiri melalui program taksi alsintan.

"Di sebuah provinsi, itu feasible pasti bank akan membiayai. Ini kita coba dan ini saya lihat kalau didukung oleh bunga bank yang rendah, yang kita subsidi, kemudian juga kita beri uang muka yang membantu. Ini masih kita akan merumuskan," kata Presiden Jokowi saat meluncurkan lumbung pangan berbasis mangga dan taksi alsintan di Gresik, Jawa Timur, Senin, sebagaimana dikutip dari tayangan daring.

Menurut Presiden, dengan program taksi alsintan, maka akan memudahkan petani untuk menggunakan alsintan yang modern seperti Rice Milling Unit (RMU), baik itu dryer, baik combine harvester ataupun traktor. Hal itu karena dengan skema taxi alsintan, alsintan modern dan canggih dapat diperoleh petani dengan cara menyewa dari pelaku usaha.

Baca juga: Presiden tingkatkan produksi mangga di Gresik penuhi domestik-ekspor

"Pemiliknya nanti satu pakai ini UD Pesanggrahan ada, UD Dwi Putra Raya dan lain-lain, mereka memiliki alsintannya dan disewakan kepada petani-petani," ujarnya merujuk pada pemilik Taxi Alsintan di Gresik.

Presiden mengatakan dengan alsintan yang memadai, maka potensi hilangnya pangan dalam tahap produksi (food loss) dapat ditekan. Modernisasi alsintan harus menjangkau seluruh petani agar produksi dapat meningkat, dan petani juga menikmati keuntungan.

"Food loss dari setiap produksi bisa ditekan karena food loss kita masih tinggi sekali 12-13 persen. Satu-satunya pakai ini combine harvester ini bisa memotong kira-kira enam sampai tujuh persen dari kehilangan di dalam produksi," ujar dia.

Ia menyebut sistem pengadaan alsintan dengan skema lama, seperti dengan hanya mengandalkan pemberian dari Kementerian Pertanian (Kementan), sudah sepatutnya ditinggalkan. Maka itu, Kementan menginisiasi taksi alsintan untuk membantu penyediaan alsintan secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitasi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Itu kita lihat di lapangan tidak produktif, karena begitu rusak sedikit saja pasti ditinggal," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi akan luncurkan lumbung pangan di Gresik

Adapun peluncuran lumbung pangan (food estate) berbasis mangga dan taksi alsintan di Penceng, Kabupaten Gresik, Senin, merupakan rangkaian kunjungan kerja Presiden di hari kedua di Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, setelah peluncuran lumbung pangan, Presiden akan menuju ke Pasar Larangan, Kabupaten Sidoarjo untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan para pedagang.

Setelahnya, Kepala Negara akan menuju GOR Delta Sidoarjo untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat.

Baca juga: Presiden awali kunker Jatim bagikan bansos di Pasar Pucang Anom

Baca juga: Presiden bagikan bansos di Pasar Pucang Anom Surabaya


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022