Surabaya (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi bersama istri, Iriana, membagikan ratusan unit alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada petani di kawasan Waduk Sukodono, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jatim, Senin.

Menurut Jokowi, sudah seharusnya petani tidak menggunakan pola lama atau tradisional karena tenaga kerja bidang pertanian justru kekurangan dan sebagai penggantinya adalah alsintan modern ini.

"Sekarang sudah ada mesin efektif untuk petani. Namun saat mesin pertanian rusak, pasti ditinggal. Untuk itu kami memiliki program taksi alsintan. Para petani bisa menyewa taksi alsintan ini," kata dia.

Kepemilikan alintan ini melalui kredit perbankan dengan dukungan pemanfaatan teknologi informasi untuk penguatan usaha/bisnis kelembagaan pengelola alsintan. 

Unit usaha taxi alsintan meliputi jasa sewa alsintan (jasa olah tanah, jasa tanam, jasa panen) jasa servis dan bengkel, penyediaan suku cadang.

Alsintan yang ada di lokasi acara berjumlah 300 unit yang terdiri atas combine harvester 70 unit, traktor roda empat 80 unit, cultivator 100 unit, sqn pompa air 50 unit.

Baca juga: Pemerintah rumuskan skema bunga dan uang muka ringan Taksi Alsintan

Selain membagikan alsintan, Jokowi juga meresmikan pencanangan food estate basis mangga di kawasan Waduk Sukodono.

Jokowi mengatakan food estate ini memiliki lahan seluas 1.000 hektare tersebar di 22 desa dan empat kecamatan yakni Panceng, Dukun, Ujung Pangkah, dan Sidayu yang sudah terintegrasi dalam satu kawasan.

Pengembangan food estate mangga di Kecamatan Panceng merupakan rintisan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian.

Program ini sekaligus menjadi tindak lanjut arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada pertemuan G20 di Italia, beberapa waktu lalu.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, beserta jajaran Forkopimda Jatim dan Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi langkah Presiden Jokowi dalam pencanangan food estate di Kecamatan Panceng.

"Semoga nantinya Gresik benar-benar menjalankan program ketahanan pangan," kata dia.

Baca juga: Kementan dan BNI berkolaborasi tingkatkan ketahanan pangan nasional
Baca juga: Bupati Landak serahkan bantuan 132 unit alsintan kepada petani
Baca juga: Pemerintah dorong industri alsintan gunakan komponen UMKM

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022