Pariaman (ANTARA) -
Komisi II DPR RI bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyosialisasikan ideologi Pancasila kepada warga Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.
 
"Sebenarnya Pancasila-nya orang Minang tidak perlu diperdebatkan lagi karena Pancasila itu muncul dari putra orang Minang sendiri," kata anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus saat Sosialisasi Pancasila dengan tema 'Gotong Royong Membumikan Pancasila", di Pariaman, Senin.
 
Namun, lanjutnya, sosialisasi Pancasila harus terus dilakukan di ranah Minang untuk meyakinkan warga bahwa ideologi negara tersebut disusun oleh banyak tokoh Minang sehingga harus terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Kepala BPIP apresiasi Pancasila kembali jadi mata pelajaran wajib
 
Ia menyebutkan tokoh Minang yang merumuskan Pancasila tersebut adalah Mohammad Hatta, Muhammad Yamin, dan H Agus Salim yang tentunya ide-ide dalam perumusan itu muncul dari nilai-nilai luhur bangsa ini.
 
"Pancasila itu merupakan butir nilai dari para leluhur kita dari Sabang sampai Merauke," katanya.
 
Pengenalan Pancasila harus terus dilakukan terutama kepada kaum milenial agar ideologi bangsa ini terus dikenal dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, paparnya.

Baca juga: BPIP ingatkan pentingnya aspek historisitas untuk bumikan Pancasila
 
Ia menyebutkan kegiatan tersebut diikuti oleh 200 orang yang diharapkan dapat memacu semangat warga untuk terus mempelajari dan mengamalkan Pancasila sebagai ideologi bangsa.
 
Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan pembinaan ideologi Pancasila terhadap masyarakat harus terus dilakukan untuk menyampaikan bahwa ideologi ini merupakan garis besar kehidupan bangsa.

Baca juga: BPIP gaungkan nilai-nilai Pancasila untuk perdamaian dunia
 
"Masyarakat perlu mempelajari, menghayati, dan mengimplementasikan Pancasila," ujarnya.
 
Ia menyampaikan Kota Pariaman terus mengimplementasikan Pancasila yang salah satunya gotong royong sudah dianut leluhur bangsa ini sejak dulu.
 
Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya mengedepankan nilai gotong royong dalam pembangunan daerah di antaranya membuka sejumlah ruas jalan baru di daerah itu bersama warga setempat.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022