Ini baru pertama kali panen, sayur langsung terjual habis
Jakarta (ANTARA) - Warga RW 02 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, memanen sayur kangkung sebanyak 100 kilogram dari pertanian kota di daerah itu.

Plt Lurah Cilangkap Eddy Sofyan di Jakarta, Senin, mengatakan hasil panen tersebut kemudian dijual kembali dengan harga Rp5.000 per ikat.

“Hasil penjualan kemudian dicatat dengan rapi dan dimasukkan dalam pembukuan. Ini baru pertama kali panen, sayur langsung terjual habis dan terkumpul uang sebanyak Rp500 ribu rupiah dari hasil penjualan,” kata Eddy.

Eddy menambahkan, penjualan sayur kangkung hasil panen pertanian kota itu dijual secara daring dan juga langsung kepada warga yang memesan.

Baca juga: Sudin KPKP Jaksel dorong urban farming sebagai solusi mahalnya cabai

Eddy mengatakan pendapatan dari hasil penjualan itu digunakan sebagai operasional pertanian perkotaan yang mereka kelola seluas 200 meter persegi.

"Hasil penjualan untuk pembelian pupuk, bibit sayur mayur dan kebutuhan lainnya serta untuk uang kas PKK," ujar Eddy.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK RW 02 Kelurahan Cilangkap, Wiharti mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan banyak bibit tanaman, mulai dari pokcay, sawi, terong, kacang dan bawang, untuk ditanam di lahan yang sama.

“Alhamdulillah RW 02 Kelurahan Cilangkap dibantu Lembaga Musyawarah Kelurahan, Pengurus RT dan Pengurus RW 02 Cilangkap berhasil memanen 100 kg kangkung," ujar Wiharti.

Baca juga: Memotret anak muda bertani di selatan Jakarta

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022