Magelang (ANTARA) - Sebanyak 300 mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) Tahun Akademi 2022/2023 mengikuti upacara penutupan Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) Chandradimuka di Lapangan Pancasila Akademi Militer Magelang.

Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian di Magelang, Senin, menyampaikan rasa bangga dapat menyaksikan putra/putri terbaik bangsa sebagai mahasiswa S-1 Cohort 3 Unhan yang telah selesai melaksanakan Diksarmil Chandradimuka.

Para mahasiswa Unhan mengikuti diksarmil selama 2 bulan terhitung mulai 20 Juni hingga 22 Agustus 2022.

"Kami semua berharap mahasiswa dapat menjadi sumber daya manusia pertahanan yang berkualitas dan memiliki kapabilitas yang tangguh, tanggap, tanggon, dan trengginas," katanya.

Ia mengemukakan bahwa dinamika tantangan lingkungan strategis makin kompleks, bergerak sangat cepat, dan tidak dapat memprediksinya.

Oleh karena itu, bangsa dan negara berupaya mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, baik dari segi keilmuan maupun kepribadian, sebagai garda depan kedaulatan bangsa Indonesia.

Menurut dia, pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas tentunya membutuhkan dukungan dan sinergitas dari segenap komponen bangsa sesuai dengan tugas dan fungsinya.

"Pendidikan dasar militer ini merupakan wahana untuk menanamkan sikap disiplin serta meningkatkan rasa nasionalisme, saling menghormati serta menciptakan generasi muda yang jujur, tangguh, mandiri, dan pekerja keras," katanya.

Dikatakan oleh Amarulla bahwa semangat cinta Tanah Air dan bela negara yang ditanamkan dalam diksarmil sangat penting dalam pembangunan bangsa Indonesia serta ciptakan sumber daya manusia berkualitas dan dapat diandalkan.

Sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan implementasi visi Presiden RI nomor 1 tentang pengembangan sumber daya manusia unggul Indonesia menuju 2045, Unhan berperan dan berkontribusi untuk menyiapkan serta membentuk SDM pertahanan berkualitas, unggul, dan berwawasan kebangsaan yang berlandaskan semangat bela negara melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dengan berakhirnya diksarmil ini, dia berharap segenap mahasiswa S-1 Cohort 3 akan menjadi mahasiswa Unhan yang berjiwa Pancasila, mempunyai keluhuran yang sejati, berjiwa patriot yang cerdas dan berbudi luhur, serta siap berbakti pada bangsa dan negara.

Ia menuturkan kerja sama Akmil dan Unhan dalam diksarmil ini mampu membentuk kadet-kadet Unhan yang berdaya guna bagi pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia pertahanan Indonesia.

Rektor Unhan berpesan kepada para mahasiswa Unhan untuk selalu memupuk kerja sama serta menanamkan kepedulian dan jiwa korsa dalam menghadapi setiap kesulitan maupun hambatan.

Mahasiswa Unhan adalah sumber daya manusia yang unggul dari 34 provinsi dan merupakan kebanggaan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

"Selamat melanjutkan perkuliahan dan semoga lulusan mahasiswa Unhan nantinya menjadi sumber daya manusia yang unggul, berjiwa patriot dan berkarakter bela negara serta berguna bagi nusa, bangsa, dan negara Indonesia," katanya.

Baca juga: 242 mahasiswa Unhan selesaikan Diksarmil di Akmil Magelang
Baca juga: Rektor Unhan: Kesaktian Pancasila sudah terbukti di Indonesia

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022