Ke depan komposisi mahasiswa asing di UMS paling tidak bisa mencapai 1 persen dari seluruh total mahasiswa
Solo, Jateng (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berkomitmen akan menambah keberadaan mahasiswa asing dari berbagai negara, salah satunya untuk menuju "world class university".

Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif pada "Grand Opening" Masa Ta’aruf dan Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta-PMB) 2022 tingkat universitas di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan Solo, Jawa Tengah, Senin (22/8) menargetkan ke depan komposisi mahasiswa asing di UMS paling tidak bisa mencapai 1 persen dari seluruh total mahasiswa.

Sedangkan saat ini keberadaan mahasiswa asing baru sekitar 300 orang dari total jumlah mahasiswa di UMS yang mencapai 40.000 orang.

Untuk saat ini, kata Sofyan Anif, UMS sudah bekerja sama dengan 16 negara lain terkait mahasiswa asing ini.

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan Masta-PMB 2022 UMS Ketua Panitia Masta Peny Indrayudha mengatakan pada kegiatan gelombang kedua ini ada sebanyak 3.240 mahasiswa baru yang ikut. Sedangkan pada gelombang pertama diikuti sebanyak 4.070 mahasiswa baru.

"Kalau untuk registrasi masih sampai 27 Agustus. Sebagai rangkaian awal mahasiswa baru ini ada grand opening, akan dilanjutkan dengan masta universitaria yang akan dilaksanakan secara online," katanya.

Pada rangkaian kegiatan tersebut para mahasiswa baru juga akan dikenalkan tentang IMM, yakni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

"Ada materi tentang Kemuhammadiyahan, Keislaman. Nanti tanggal 27 Agustus akan ada Expo UKM, seluruh mahasiswa baru akan diundang ke sini, dikenalkan UKM universitas, tujuannya untuk ativitas dan berprestasi," katanya.

Ia mengatakan untuk tema dari kegiatan tersebut yakni Mencerahkan, Unggul, Mendunia.

"Harapannya lulusan UMS bisa menjadi generasi yang mencerahkan, unggul, dan mendunia," demikian Masta Peny Indrayudha.

Baca juga: 116 mahasiswa dalam-luar negeri ikuti kegiatan Malibu di Solo

Baca juga: Haedar Nashir: Perlu pengembangan internasionalisasi Muhammadiyah

Baca juga: Rektor UMS: Dosen-mahasiswa harus berani kreasikan ide baru menuju WCU

Baca juga: Mendikbudristek minta mahasiwa UMS merdeka tentukan arah masa depan

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022