Produk Indonesia dipromosikan dalam resepsi HUT RI di Afrika Selatan

Produk Indonesia dipromosikan dalam resepsi HUT RI di Afrika Selatan

Penampilan tari Klana Topeng asal Yogyakarta dalam acara resepsi diplomatik yang digelar KBRI di Pretoria, Afrika Selatan, pada Senin (22/8/2022) dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. ANTARA/HO-KBRI Pretoria

Jakarta (ANTARA) - Beragam produk dan budaya Indonesia dipromosikan dalam acara resepsi diplomatik dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI yang digelar KBRI di Pretoria, Afrika Selatan, Senin (22/8).

Pada kesempatan itu, kata KBRI Pretoria dalam keterangan yang diterima pada Selasa, beragam produk buatan perusahaan Indonesia ditampilkan, antara lain dari PT Indofood Sukses Makmur --yang menampilkan produk unggulannya, Indomie, Kalbe Farma dengan Woods Cogh Syrup, dan PT Pulau Sambu dengan santan Kara.

Selain itu, ada Orang Tua Group dengan pasta gigi Formula serta PT Mayora Indah dengan produk Astor dan permen Kopiko.

Acara resepsi digelar di Pretoria Country Club dan dihadiri tamu undangan dari kalangan pejabat pemerintahan pusat serta provinsi Afrika Selatan, kalangan diplomatik, atase pertahanan, konsul kehormatan Indonesia, kalangan akademisi, serta komunitas bisnis Afrika Selatan dan Friends of Indonesia.

Kuasa Usaha Ad Interim RI di Pretoria Victor J. Sambuaga dalam sambutannya mengatakan momen perayaan HUT RI ke-77 pada tahun ini patut disyukuri sebagai rahmat Tuhan karena meredanya pandemi COVID -19 yang dialami semua negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia dan Afrika Selatan.

"Pandemi yang kita semua alami mengajarkan kita untuk menjadi tangguh dan bahkan menjadi lebih kuat, tidak peduli seberapa hebat pun cobaan yang menimpa," ujar Victor.

Dia juga mengutip tema nasional perayaan kemerdekaan RI tahun ini, yakni "pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat".

Dalam tataran hubungan internasional, menurut Victor, Indonesia menerjemahkan frasa "pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat" melalui upaya kerja sama dan menjaga stabilitas.

Dia mengatakan bahwa Indonesia memandang kerja sama sebagai katalisator pertumbuhan, sedangkan stabilitas berperan penting bagi terpeliharanya kondisi positif dunia terutama setelah pandemi COVID-19.

Selain produk Indonesia, KBRI Pretoria dalam resepsi diplomatik HUT RI itu juga mempromosikan budaya tradisional Indonesia, salah satunya tari Klana Topeng asal Yogyakarta yang dibawakan penari tradisional Anton Prabowo.

Pelaksana fungsi politik KBRI Pretoria Fawzan Irchamsyah menyampaikan harapan bahwa kemeriahan dari perayaan hari kemerdekaan RI dapat turut dirasakan oleh para mitra pemerintah Indonesia, khususnya yang berada di Pretoria.

"Perayaan ini menjadi pendorong bagi kita semua untuk dapat cepat bangkit dan menjadi lebih kuat serta melahirkan semangat baru untuk mempererat hubungan antara Indonesia dengan negara-negara sahabat lainnya," ujar Fawzan.

Wakil Menteri Bidang Transportasi Afrika Selatan Lydia Sindisiwe Chikunga, yang hadir sebagai tamu kehormatan dalam resepsi tersebut menyampaikan selamat atas hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia dan berharap hubungan erat kedua negara dapat terus terjalin dengan baik.

"Mewakili pemerintah Afrika Selatan, melalui momen perayaan ke-77 kemerdekaan Indonesia, saya berharap bahwa hubungan kedua negara yang sudah terjalin dapat terus terpelihara dengan baik," ucap Chikunga, seperti dikutip dalam keterangan tersebut.


Baca juga: KBRI hadirkan Pasar Indonesia sehari penuh di Pretoria Afrika Selatan

Baca juga: Film 'Stories of Hope' tampilkan kolaborasi perancang Indonesia, Afsel


 

Saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan Korps Musik Elite Kepolisian Turki

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar