Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) akan kembali menggelar ASTINDO Travel Fair pada Kamis (1/9) hingga Minggu (4/9) di Atrium Utama Pusat Perbelanjaan PIK Avenue Jakarta Utara.

"Dengan melihat kondisi di luar negeri yang sudah mulai mempermudah perjalanan wisata baik domestik maupun internasional, ini adalah momentum yang tepat untuk membantu masyarakat untuk bisa berjalan-jalan dengan harga terjangkau," kata ketua umum ASTINDO Pauline Suharno dalam siaran pers diterima di Jakarta pada Selasa.

Apalagi dengan adanya instruksi presiden untuk menstabilkan harga tiket pesawat, ASTINDO optimistis pameran akan sukses meraup banyak minat masyarakat.

Akan ada harga promosi tiket dan paket wisata seperti potongan harga hingga Rp1 juta.

"Kami mengedukasi masyarakat untuk membeli via reliable source, travel agent bonafide dan sudah exist puluhan tahun serta berpengalaman dalam mengelola perjalanan wisata."

Baca juga: Alasan di balik sulitnya refund tiket pesawat dengan uang tunai

Harapannya, travel agent dapat menaikkan penjualan, apalagi melihat kondisi semester satu ini di mana terjadi peningkatan transaksi penjualan secara konsisten mulai dari bulan Januari 2022 – Juli 2022.

Anggota ASTINDO dari berbagai daerah diberikan area gratis untuk mempromosikan paket wisata domestik memperkenalkan desa wisata di Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana ASTINDO Travel Fair, Anton Sumarli menyampaikan acara ini akan diselenggarakan secara offline dan online, sehingga para pengunjung selain dapat langsung menuju Mall PIK Avenue, juga dapat melihat showcase travel fair melalui website www.astindovirtualtravelfair.com dan tentunya berinteraksi langsung dengan travel assistant dari travel agent peserta Travel Fair.

Ada 25 travel agent, 15 maskapai penerbangan baik domestik dan internasional yakni All Nippon Airways, Cathay Pacific, China Airlines, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Japan Airlines, Malaysia Airlines, Pelita Air, Philippine Airlines, Qatar Airways, Qantas Airways, Singapore Airlines, Sriwijaya Air dan NAM Air.

Selain itu, badan promosi pariwisata luar negeri turut hadir memeriahkan ASTINDO Travel Fair, yaitu Philippine Departement of Tourism, Korea Tourism Organization, Tourism Authority of Thailand, Taiwan Tourism dan Japan National Tourism Organization.

Penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair didukung oleh Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Selain itu, ASTINDO juga berkolaborasi dengan BCA sebagai bank partner yang akan menyediakan kemudahan transaksi pembayaran melalui payment link dan potongan harga khusus bagi pemegang kartu kredit BCA.

Setiap transaksi tiket selama pameran juga akan mendapatkan asuransi perjalanan gratis dari BCA Insurance serta voucher belanja dari PIK Avenue. Harga promo hingga tahun depan sehingga masyarakat lebih leluasa dalam merencanakan perjalanan, karena dengan membeli lebih awal (early bird) harga akan lebih kompetitif.

Galileo Travelport Indonesia dan ATI Technology turut berperan dalam menyediakan platform reservasi
serta display bagi pengunjung virtua

Ditargetkan akan ada 15.000 pengunjung langsung yang menyambangi pameran, selain juga dihadiri secara online dari berbagai penjuru Indonesia.

Selain itu, dalam rangka mendukung program pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ASTINDO akan memberikan subsidi harga tiket pada Paket Wisata Domestik, khususnya untuk lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

Baca juga: Asosiasi Travel Agent dukung booster jadi syarat dalam bepergian

Baca juga: ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 digelar hingga 6 Maret

Baca juga: ASTINDO apresiasi pemerintah umumkan PPKM nataru sejak jauh hari

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022