Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang di Desa Ilohuuwa, Moodulio, Masiaga, dan Taludaa, Kecamatan Bone, Selasa.

Bantuan yang diserahkan kepada warga yang terdampak banjir bandang tersebut berasal dari Dinas Sosial-P3AP2KB Bone Bolango dan paket bantuan dari Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel.

Hal itu diungkapkan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bone Bolango Aznan Nadjamudin usai meninjau lokasi bencana banjir bandang di sekitar aliran Sungai Taludaa.

Baca juga: Kecamatan Bone di terjang banjir

"Saya tadi bersama beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat Bone melihat langsung dan memastikan warga yang terdampak banjir di Kecamatan Bone itu tertangani dengan baik," ucap dia.

Ia mengatakan, Kepala Dinas Kesehatan dr. Meyrin Kadir langsung memantau kondisi kesehatan masyarakat dengan membuka posko kesehatan untuk masyarakat yang terdampak banjir.

Dari hasil peninjauan itu, kata Aznan, memang ada sebagian tanggul di bantaran Sungai Taludaa rusak. Sementara untuk rumah-rumah warga, tidak ada yang rusak hanya terendam banjir akibat luapan dari Sungai Taludaa.

Baca juga: Banjir rendam sejumlah rumah warga di Bone Bolango

"Untuk rumah-rumah warga yang terendam saat banjir, sekarang tinggal pembersihan. Begitu juga tidak ada lagi warga yang tinggal di tempat pengungsian. Semua sudah kembali dan membersihkan rumahnya masing-masing," ujar Aznan.

Namun demikian, tambah Aznan, jalan di Dusun III Desa Ilohuuwa belum bisa dilalui, karena akses jembatan darurat yang dibuat oleh masyarakat yang menghubungkan dusun itu dengan pusat Desa Ilohuuwa hanyut terbawa banjir.

Mengingat cuaca saat ini tidak menentu, ia mengimbau warga yang rumahnya berada di kawasan bantaran sungai agar terus berhati-hati dan waspada.

Baca juga: Wabup serahkan bantuan bagi korban banjir Bone Bolango

"Jika terjadi hujan deras dalam kurun waktu yang lama, agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman dan menyelamatkan barang-barang berharga," katanya.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Bone Bolango telah menyalurkan makanan siap saji kepada para korban banjir bandang yang terjadi pada Senin (22/8).

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022