Melalui penghargaan ini, Holding Danareksa membuktikan bahwa etos kerja perusahaan anggota sudah sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, yakni konsisten dalam menerapkan core value AKHLAK
Jakarta (ANTARA) - BUMN Holding Danareksa meraih 13 penghargaan dalam AKHLAK Award 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan ACT Consulting.

Direktur Utama Danareksa Arisudono Soerono mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan dengan menerapkan nilai amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif (AKHLAK) dalam setiap kegiatan bisnis perseroan.

"Melalui penghargaan ini, Holding Danareksa membuktikan bahwa etos kerja perusahaan anggota sudah sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, yakni konsisten dalam menerapkan core value AKHLAK," kata Arisudono dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Penghargaan tersebut telah diumumkan pada 5 Juli 2022 lalu, namun kegiatan penyerahan penghargaan baru diadakan secara langsung oleh Founder ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian pada 23 Agustus 2022 kepada perusahaan anggota Holding Danareksa yang berhasil memenangkan penghargaan AKHLAK Award 2022.

Arisudono berharap penghargaan itu dapat menjadi awal yang baik bagi Danareksa dalam melaksanakan beragam transformasi. Ke depan, prinsip AKHLAK akan terus menjadi nilai utama Danareksa dalam berpikir dan berperilaku.

"Penghargaan ini sangat berarti bagi kemajuan Holding Danareksa yang baru beberapa bulan terbentuk," kata Arisudono.

"Ke depan, kami akan terus berupaya menanamkan nilai AKHLAK kepada seluruh karyawan Holding Danareksa melalui berbagai program yang berfokus pada peningkatan nilai AKHLAK, salah satunya juga melalui Danareksa Learning Institute (DLI) yang diharapkan menjadi awal lahirnya talenta unggul yang sejalan dengan core value AKHLAK dengan semangat memberikan yang terbaik untuk Negeri,” imbuhnya.

Anggota Holding Danareksa yang mendapatkan penghargaan AKHLAK Award, yakni PT Jalin Pembayaran Nusantara, PT Danareksa Finance dan PT Danareksa Investment Management meraih penghargaan untuk Total Indeks Implementasi AKHLAK kategori Anak Perusahaan BUMN Klaster Danareksa.

Selanjutnya, PT Kliring Berjangka Indonesia, PT Kawasan Industri Wijayakusuma dan Perum Jasa Tirta I menerima penghargaan dari kategori yang sama sebagai BUMN anggota Holding Danareksa. PT Danareksa (Persero) sendiri turut mendapatkan penghargaan pada kategori Komitmen Klaster.

Sementara itu, PT Kliring Berjangka Indonesia berhasil menerima penghargaan terbanyak di antara anggota Holding Danareksa dengan lima penghargaan pada kategori BUMN per nilai AKHLAK, yaitu BUMN Amanah, BUMN Loyal, BUMN Adaptif, dan BUMN Kolaboratif.

Sedangkan, kategori BUMN Harmonis diraih oleh PT Kawasan Industri Wijayakusuma dan Perum Jasa Tirta I yang nantinya akan bergabung dalam tahap dua Holding Danareksa.

Founder ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian mengatakan penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja BUMN yang terus meningkat.

"Semoga penghargaan ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi baru bagi Holding Danareksa untuk terus meningkatkan dan menanamkan nilai AKHLAK di perusahaan masing-masing," ucapnya.

Kegiatan AKHLAK Awards 2022 telah dilaksanakan secara daring pada Juli 2022. Kegiatan itu diikuti oleh 141 perusahaan yang terdiri dari 39 BUMN dan 102 anak perusahaan BUMN.

Proses penilaian AKHLAK Award 2022 didasarkan pada indeks AKHLAK Culture Health Index (ACHI) dari ACT Consulting International dengan tolok ukur dua tahun implementasi AKHLAK sebagai core value seluruh BUMN di Indonesia.


Baca juga: Holding Danareksa, BUMN Spesialis Transformasi Pertama di Indonesia
Baca juga: Kementerian BUMN luncurkan program pendanaan air bersih di KTT G20
Baca juga: Danareksa Finance gandeng Peruri sediakan fasilitas Digital Signature

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022