Batam (ANTARA) - Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri dan Batam mulai menanam 12.000 bibit pohon jati emas di sepanjang jalan menuju bandara dalam Program Batam Green 2022.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi menyatakan, 12.000 bibit pohon jati emas ini merupakan pemberian dari 43 perusahaan CSR (Corporate social responsibility) yang ada di Kota Batam.

"Total ada 12.000 bibit pohon jati emas hasil pengumpulan bibit secara bersama-sama. Hari ini mulai kami tanam dan akan berlanjut hingga 2 bulan ke depan," ujar Rudi usai penanaman pohon di Batam Kepulauan Riau, Rabu (24/8).

Rudi mengatakan, untuk lokasi penanaman sudah sesuai rencana agar saat pelebaran jalan tidak terdampak. Lokasi penanaman jati emas ini ditanam di tengah antara jalan protokol dan jalur lambat.

"Nantinya jalan ini, dari Laluan Madani ke Nongsa akan dibangun lima lajur dan ada juga jalur lambatnya untuk pesepeda," kata Rudi.

Baca juga: Kepala BP Batam: Pembukaan perbatasan dorong pemulihan ekonomi Batam

Dengan adanya penanaman bibit jati emas ini, Rudi optimistis kedepannya pengguna jalan akan nyaman dan sejuk saat berkendara dan menjadikan Batam sebagai green city (kota hijau).

Bahkan, Rudi juga bertekad penanaman pohon tak hanya di jalur itu saja. Pihaknya juga berencana melakukan penanaman jenis pohon lain di seluruh wilayah Batam.

"Tadi juga saya sampaikan ke depan masih ada rencana penanaman pohon-pohon lain juga, jadi nantinya tidak hanya pohon jati emas saja yang ada di Batam ," ucap Rudi.

Penanaman bibit pohon jati emas ini disambut baik oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya TNI Muhammad Ali yang ikut serta dalam kegiatan itu.

“Program ini saya rasa sangat positif sekali dan sangat bermanfaat, dimana penghijauan Kota Batam ini sangat bermanfaat dalam rangka mencegah global warming dan perubahan iklim,” kata dia.

Dia menyebutkan bahwa kegiatan ini perlu mendapat dukungan yang besar dari masyarakat maupun FKPD Kota Batam.

“Semoga Kota Batam ke depan semakin hijau dan menjadi pusat ekonomi serta pusat wisata di Kepulauan Riau,” ucapnya.

Baca juga: DPR RI setujui pagu belanja BP Batam sebesar Rp1,72 triliun

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022