Tapi kami tadi bermain cukup baik, kondisi saya juga bagus, sudah mendekati 100 persen
Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis nasional Marcus Fernaldi Gideon, yang menjadi ganda putra peringkat satu dunia bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo, tampil prima pada pertandingan pertamanya setelah operasi kaki, pada babak 32 besar Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo, Rabu.

Marcus sempat menjalani operasi kaki sehingga memaksa ganda putra berjuluk Minions itu harus absen dalam tiga turnamen yaitu Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapore Open.

"Senang rasanya bisa kembali bertanding, senang juga kembali ke sini bertanding di Tokyo. Ini pertandingan pertama jadi masih coba menguasai suasana lapangan," kata Marcus melalui pesan tertulis PP PBSI di Jakarta.

Baca juga: Tiga ganda putra "Top Five" Indonesia lewati 32 besar Kejuaraan Dunia

Minions mengawali Kejuaraan Dunia dengan mendapat bye pada babak pertama, sehingga baru tampil di babak kedua dengan menghadapi pasangan asal Republik Ceko, Jaromir Janacek/Tomas Svejda dengan skor akhir 21-14, 21-13.

Kevin/Marcus tampil meyakinkan dan dengan mudah menekan Jaromir/Tomas dalam laga berdurasi 25 menit di lapangan empat, Tokyo Metropolitan Gymnasium.

"Tapi kami tadi bermain cukup baik, kondisi saya juga bagus, sudah mendekati 100 persen," ungkap Marcus.

Kemenangan mudah yang dipetik hari ini tak membuat Minions langsung bernafas lega. Menurut mereka, semakin jauh mereka melalui setiap babak maka semakin ketat persaingan yang akan dihadapi.

Baca juga: Jadwal Kejuaraan Dunia 2022: Empat ganda putra Indonesia beraksi

"Tadi walau menang, masih banyak yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Besok harus lebih bagus lagi mainnya, kami akan terus berusaha," ucap Kevin soal pertandingannya kontra ganda putra peringkat ke-109 dunia.

Lebih lanjut, meski lebih dari tiga tahun menduduki peringkat tertinggi sektor ganda putra, namun Minions belum pernah sekali pun menyabet gelar juara dari ajang bergengsi ini.

Dengan momentum penampilan perdana setelah absen dalam tiga turnamen, Kevin/Marcus membekali diri mereka dengan semangat tinggi untuk merebut gelar juara di Kejuaraan Dunia BWF.

"Pastinya mau juara di sini karena kami belum pernah juara, tapi coba memberikan yang terbaik dulu. Fokus satu per satu (babak) dulu," ujar Kevin.

Baca juga: Hasil Kejuaraan Dunia 2022: Tiga ganda campuran menang

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022