Kami berharap dengan kolaborasi ini kami juga ingin belajar di Universitas Malaya, sebagai universitas terbaik di dunia dengan ranking 70 dan terbaik pertama di Malaysia
Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggandeng Universitas Malaya, Malaysia yang merupakan kampus peringkat 70 dunia sebagai upaya penguatan daya saing menuju pemeringkatan kampus internasional.

Rektor UMI Prof Dr H Basri Modding, M.Si dalam keterangan di Makassar, Rabu, memberikan apresiasi atas penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Malaya (UM) untuk peningkatan kualitas pendidikan kedua perguruan tinggi.

"Kami berharap dengan kolaborasi ini kami juga ingin belajar di Universitas Malaya, sebagai universitas terbaik di dunia dengan ranking 70 dan terbaik pertama di Malaysia," katanya

Ia menjelaskan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Malaya di Malaysia itu, merupakan bentuk komitmen dan ikhtiar UMI menuju pemeringkatan kampus internasional.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Basri Modding juga memperkenalkan UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah yang telah berusia 68 tahun dan status akreditasi menduduki peringkat 27 dengan dari kurang lebih 4.000 perguruan tinggi di Indonesia.

Sementara itu, Naib Canselor Universitas Malaya Prof Dato Ir Mohd Hamdi Abd Shukor, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Rektor UMI bersama rombongan di kampus UM.

“Sebagai rumpun yang sama, agama dan budaya yang sama, akan memudahkan kita mencari kesamaan dan banyak hal bisa dilakukan secara bersama. Karena itu, MoU ini dapat ditindaklanjuti dengan berbagai program, seperti riset bersama, pertukaran dosen.dan mahasiswa serta program lainnya," katanya

"Semoga dengan jalinan kerja sama ini dapat mempererat silaturrahim sekaligus menjadi landasan ilmu dalam menawarkan program yang bersesuaian mengikut pasar tanpa mengabaikan ilmu-ilmu turath Islam se-Asia," katanya.

Prof Mohd Hamdi Abd Shukor  juga memperkenalkan sejarah berdirinya Universitas Malaya sebagai kampus pertama dan tertua di Malaysia yang telah berusia 117 tahun dan menduduki rangking 70 universitas terbaik di dunia.

Ia menjelaksn sejarah berdirinya UM bermula dari Singapura. Tahun1949, penggabungan Kolej Perubatan King Edward VII dan Kolej Raffles mewujudkan university. Pertumbuhan pesat, tahun 1959, membolehkan universiti menjadi dua bahagian autonomi, satu di Singapura dan satu di Kuala Lumpur

Tahun 1960, oleh kerajaan Malaysia, kedua bahagian ini harus menjadi universiti kebangsaan. Sehingga terbagi satu di Singapura dengan nama Universiti Kebangsaan Singapura dan satu di Malaysia dengan Universiti Malaya.

Baca juga: Menteri Pendidikan Malaysia: Kunjungan ke UMI lawatan pertama ke RI

Baca juga: UMI Makassar fokus meraih akreditasi internasional

Baca juga: LLDikti IX dorong UMI-Makassar raih akreditasi internasional


Baca juga: Rektor UKM Malaysia terima Doktor Honoris Causa dari UMI Makassar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022