prinsipnya kami bukan mengecilkan yang besar tetapi kami harus membesarkan yang kecil
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperluas akses pasar digital bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Ibu Kota diantaranya dengan memanfaatkan digitalisasi pembayaran dan promosi melalui pesan berbasis aplikasi, WhatsApp.

"Alhamdulillah, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM DKI Jakarta menggandeng Meta Boost untuk meluncurkan katalog WhatsApp Bisnis dan QRIS Jakpreneur," kata Gubernur DKI Anies Baswedan melalui Instagram @aniesbaswedan di Jakarta, Rabu.

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM DKI Jakarta membina pelaku UMKM khususnya yang tergabung dalam program Jakpreneur agar bisa masuk ke dalam layanan digital ini.

Hingga Rabu ini total sudah ada 324.442 pelaku UMKM DKI Jakarta yang tergabung dalam program Jakpreneur berdasarkan laman resmi Jakpreneur.

"Mereka selama ini membutuhkan dukungan pemerintah, karena itu prinsipnya kami bukan mengecilkan yang besar tetapi kami harus membesarkan yang kecil," imbuh Anies.

Melalui Katalog WhatsApp Bisnis Jakpreneur, Anies berharap pelaku UMKM dapat mempromosikan produk Jakpreneur dengan cara yang lebih mudah, masif, dan populer.

"Kami ingin membantu UMKM di Jakarta, berkolaborasi dengan Meta, agar para pelaku UMKM memiliki rencana bisnis dan menjangkau lebih banyak lagi, apalagi 95 persen lebih pelaku ekonomi di Jakarta adalah mikro dan kecil," ucap Anies.

Selain melalui Katalog Whatsapp Bisnis Jakpreneur, Pemprov DKI juga meluncurkan QRIS Jakpreneur.

QRIS Jakpreneur merupakan inovasi pembayaran digital peserta Jakpreneur yang juga dapat memudahkan para pembina Jakpreneur memonitor transaksi pemasaran secara terkini melalui wadah yang dikerjasamakan dengan PT Netzme Kreasi Indonesia.

Pemprov DKI Jakarta juga menyelenggarakan bazar yang melibatkan 77 pelaku UMKM binaan di Balai Kota Jakarta, 23-25 Agustus dari pukul 09.00-16.00 WIB.
Baca juga: Pemkot Jakbar latih pelaku UMKM mendesain kemasan produk
Baca juga: Pemkot Jakbar gelar bimtek fotografi untuk pacu pemasaran produk UMKM
Baca juga: PPLIPI bantu permodalan 6.000 pelaku UMKM di Jabodetabek

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022