Empat bayi yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut berasal dari Kabupaten Minahasa dua orang serta Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Manado masing-masing satu orang
Manado (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sulawesi Utara (Dinkes Sulut) menyatakan bahwa berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Sulut menyebutkan sebanyak empat bayi usia di bawah empat tahun di provinsi itu terkonfirmasi positif COVID-19, pada Rabu (24/8) 2022.

"Transmisi mudah terjadi saat anak dibawa keluar rumah beraktivitas atau orang dewasa membawa virus ke dalam rumah," kata Kepala Seksi Surveilens dan Imunisasi Dinkes Provinsi Sulut, Merry Pasorong di Manado, Rabu.

Karena itu, kata dia, Dinkes Sulut terus mengajak masyarakat bersinergi dengan pemerintah dalam pengendalian pandemi COVID-19.

Di antaranya, segera menerima vaksinasi lengkap (dosis pertama dan dosis kedua), serta vaksinasi booster (dosis ketiga) yang sudah memenuhi kriteria booster yaitu minimal jarak tiga bulan dari dosis kedua.

Baca juga: Bayi 9 bulan positif COVID-19 di Mataram meninggal

Baca juga: Balita dua tahun di Sumsel meninggal dengan COVID-19



Ia menjelaskan empat bayi yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut berasal dari Kabupaten Minahasa dua orang serta Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Manado masing-masing satu orang.

Bayi-bayi terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut adalah bagian dari 40 kasus yang bertambah Selasa (23/8) pukul 22.11 WITA.

Akibat tambahan 40 kasus baru COVID-19 itu menyebabkan akumulasi warga terkonfirmasi positif meningkat menjadi 51.785 orang.

Sementara kasus sembuh sebanyak 50.371 orang dengan angka kesembuhan mencapai 97,27 persen.

Selanjutnya, kasus meninggal sebanyak 1.177 orang dengan angka kematian (Case Fatality Rate) sebesar 2,27 persen, sementara kasus aktif sebanyak 237 orang atau meningkat menjadi 0,46 persen, demikian Merry Pasorong.

Baca juga: Bayi usia setahun positif COVID-19 meninggal

Baca juga: ASI ibu positif COVID-19 tidak tularkan virus kepada bayi

Baca juga: 17 bayi di Kabupaten Bangka-Babel terpapar positif COVID-19

Baca juga: IDAI catat 217 anak terinfeksi COVID-19 di Aceh

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022