Polda NTB persiapkan rencana pengamanan WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika

Polda NTB persiapkan rencana pengamanan WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika

Arsip foto - Wisatawan berjalan usai berfoto di depan tulisan dan lambang sirkuit Mandalika di kompleks Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Senin (21/3/2022). Sirkuit Mandalika menjadi destinasi "sport tourism" unggulan baru di Indonesia yang diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/nym

Pastinya akan banyak perubahan yang lebih baik pada tahun ini
Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mulai mempersiapkan rencana pengamanan kejuaraan balap motor kelas dunia World Superbike (WSBK) Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, pada November mendatang.

Kepala Biro Operasi Polda NTB Komisaris Besar Polisi Abu Bakar Tertusi di Mataram, Rabu, mengatakan pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi awal dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan Mandalika mengenai ajang balap motor internasional itu.

"Dalam koordinasi awal ini kami ingin mengetahui situasi dan kondisi kawasan Mandalika, khususnya Sirkuit Mandalika," kata Abu Bakar.

Baca juga: Dispar targetkan hunian hotel Mataram capai 100 persen saat WSBK 2022

Ia mengatakan ada beberapa catatan yang disampaikan pihak ITDC sesuai dengan permintaan dari Dorna Sports, yakni pembenahan di Sirkuit Mandalika, seperti beberapa penambahan dan perbaikan sarana kelengkapan balap motor kelas dunia tersebut.

"Mudah-mudahan apa yang diminta Dorna Sport bisa dipenuhi karena apabila tidak dipenuhi, kemungkinan WSBK tidak digelar di sini (Sirkuit Mandalika)," ujarnya.

Mengenai pembenahan yang diminta pihak Dorna Sports, Abu Bakar menyatakan bahwa Polda NTB mendukung penuh dari segi pengamanannya.

"Apa pun yang berkaitan dengan pengamanan, pasti menjadi atensi kami di kepolisian," tambahnya.

Baca juga: BI prediksi ekonomi NTB tumbuh 5,1 persen dampak balap internasional

Melihat hasil evaluasi pelaksanaan gelaran WSBK tahun 2021, Abu Bakar mengatakan sudah ada sejumlah catatan penting yang menjadi perhatian kepolisian.

"Salah satunya soal pergerakan kendaraan, macet, parkir, dan shuttle bus. Itu yang muncul dalam persoalan tahun lalu," katanya.

Untuk itu, pihaknya sudah melakukan evaluasi dan turun lapangan guna mengecek rencana perbaikan.

"Kemungkinan nanti akan ada lahan parkir yang lebih baik, begitu juga dengan kantong-kantong shuttle bus akan diperbanyak. Pastinya akan banyak perubahan yang lebih baik pada tahun ini," ujarnya.

Ajang balap motor internasional WSBK Indonesia 2022 rencananya digelar pada pertengahan November 2022.

Sebagai salah satu persiapan, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengumumkan perihal penutupan sementara Sirkuit Mandalika yang akan mulai dilaksanakan pada 1 September 2022 untuk kepentingan pembenahan dalam menyambut WSBK Indonesia 2022.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar