Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Tim berjuluk Singo Edan, Arema FC mengalahkan RANS Nusantara FC dengan skor 4-2 pada laga lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu.

Gol kemenangan Arema FC dicetak oleh Ilham Udin (8), Jayus Hariono (21), Sergio Silva (29) dan Abel Camara (77). Sementara gol balasan RANS Nusantara FC dicetak oleh O.K. John (35) dan Wander Luiz (38).

Tim tuan rumah baru mendapatkan peluang pertama pada menit ke-7 melalui pemain berdarah Portugal-Guinea Bissau, Abel Camara. Namun, sontekan Camara di mulut gawang, masih mampu dihentikan oleh penjaga gawang RANS Nusantara FC, Hilman Syah.

Baca juga: RD minta skuad RANS kerja keras saat laga tandang lawan Arema FC

Pada menit ke-8, Arema FC memanfaatkan skema serangan balik dari sayap kiri. Dendi Santoso berhasil melepaskan umpan silang yang mampu dimanfaatkan secara sempurna oleh Ilham Udin. Arema FC unggul 1-0 pada babak pertama.

Arema FC terus menggempur pertahanan RANS Nusantara FC. Menit ke-10, Arkhan Fikri mendapatkan peluang emas setelah berhasil menembus pertahanan skuad yang dijuluki The Prestige Guardian itu. Namun, tendangan kerasnya masih mampu ditepis oleh penjaga gawang.

Arema FC memperbesar keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Jayus Hariono pada menit ke-21. Gol tersebut bermula pada saat tendangan John Alfarizie dari sisi kiri mengenai tiang gawang. Bola kemudian memantul ke dekat Jayus, dan kemudian mampu diselesaikan dengan baik dan menjadi gol. Arema FC unggul 2-0 atas RANS.

Baca juga: Arema FC incar rekor tak terkalahkan lawan RANS Nusantara FC

Menit ke-29, Sergio Silva menambah keunggulan tim berjuluk Singo Edan melalui tendangan yang tidak dapat ditepis oleh penjaga gawang Hilman Syah. Gol itu bermula dari tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan RANS, yang dilakukan oleh Arkhan Fikri.

Bola umpan tendangan bebas itu disundul oleh Jayus dan diarahkan kepada Sergio Silva yang berada tepat di depan gawang. Pemain asal Portugal itu kemudian melepas tendangan keras ke arah gawang.

RANS memperkecil keunggulan pada menit ke-35, yang bermula dari tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Arema FC. Edo Febriansah mengeksekusi tendangan bebas tersebut dan mengarah ke penjaga gawang Arema FC Adilson Maringa.

Bola tersebut kemudian memantul dan mampu dimanfaatkan oleh O.K. John untuk memperkecil ketertinggalan. Tidak lama berselang, Wander Luiz kembali menambah gol untuk RANS Nusantara FC akibat kesalahan pemain belakang Arema FC yang tidak mampu membuang bola secara sempurna.

Tendangan Wander Luiz mampu menaklukkan Adilson Maringa pada menit ke-38. Kedudukan 3-2 untuk keunggulan sementara tim tuan rumah Arema FC. Hingga peluit akhir babak pertama, kedudukan belum berubah 3-2 untuk keunggulan Arema FC.

Baca juga: Arema FC hentikan kerja sama sponsor terkait dugaan situs judi online

Memasuki babak kedua, RANS berupaya untuk menyamakan kedudukan. Pada menit-menit awal babak ke-2, RANS tampil menekan, namun belum ada peluang yang membahayakan gawang Arema FC. Menit ke-57, Arema FC melakukan pergantian pemain, Gian Zola masuk menggantikan Arkhan Fikri.

Abel Camara mendapatkan kartu kuning karena melakukan pelanggaran saat RANS melakukan skema serangan balik pada menit ke-58. Akhirnya, setelah menanti cukup lama, Camara mampu merobek gawang Hilman Syah pada menit ke-77 melalui sundulan setelah menerima umpan dari Gian Zola. Arema FC unggul 4-2 atas RANS Nusantara FC.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Oki Dwi Putra Senjaya, kedudukan tidak berubah 4-2 untuk kemenangan tim tuan rumah Arema FC.


Susunan pemain:
Arema FC: Adilson Maringa, Sergio Silva, Bagas Adi Nugroho, Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono, Arkhan Fikri, Achmad Figo, Abel Camara, Ilham Udin, Dendy Santoso dan John Alfarizie.
Pelatih Eduardo Almeida

RANS Nusantara FC: Hilman Syah, Edo Febriansah, Onoriode Kughegbe (O.K. John), Makan Konate, Wander Luiz, Jujun Junaedi, Fadilla Akbar, Arthur Bonai, Ady Setiawan, Mitsuru Maruoka dan David Laly.
Pelatih Rahmad Darmawan

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022