Palangka Raya (ANTARA) -
Masyarakat di Palangka Raya, Kalimantan Tengah antusias memadati kawasan Bundaran Besar kota setempat menyaksikan parade atlet sepeda mancanegara yang akan bertanding dalam kejuaraan dunia UCI MTB Eliminator World Cup 2022.
 
Salah seorang warga, Kristian, Rabu malam, mengatakan, dirinya sangat senang dengan diselenggarakannya agenda bertaraf internasional seperti ini, karena merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga Palangka Raya maupun Kalimantan Tengah.
 
"Ini sangat luar biasa, karena Kalimantan Tengah terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan agenda sebesar ini," ucapnya.

Baca juga: Tarian kahanjak atei sambut puluhan atlet UCI MTB di Palangka Raya
 
Dia mengatakan, terlebih dalam beberapa tahun terakhir dunia tak terkecuali Palangka Raya dilanda pandemi COVID-19 yang membuat semuanya menjadi serba terbatas, serta perekonomian yang menjadi lesu.
 
"Dengan adanya agenda sebesar ini, tentu menjadi angin segar bagi masyarakat, sebagai momentum kebangkitan bagi daerah, tak hanya dalam hal olahraganya saja, tetapi juga perekonomian maupun bidang lainnya," jelasnya.
Parade atlet sepeda mancanegara yang mengikuti kejuaraan sepeda dunia UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Palangka Raya, Rabu malam, (24/8/2022). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)
 
Senada dengan Kristian, salah seorang warga lainnya Septina mengaku turut berbangga karena 'Kota Cantik' terpilih dari sekian banyak daerah lain di Indonesia, sehingga bisa menjadi salah satu tuan rumah UCI MTB Eliminator World Cup 2022 bersama dengan negara-negara lainnya.
 
"Semoga Kalimantan Tengah maupun Palangka Raya bisa semakin dikenal dunia, dan melalui agenda internasional ini memberikan banyak manfaat terhadap daerah, baik dari UMKM, pariwisata, maupun lainnya," katanya.
 
Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan, UCI MTB Eliminator World Cup 2022 menjadi kesempatan yang sangat baik dan strategis untuk mempromosikan berbagai keunggulan daerah dari berbagai sektor.
 
"Melalui agenda internasional ini, tentu akan semakin banyak masyarakat luar dari berbagai negara yang akan tahu tentang Palangka Raya maupun Kalimantan Tengah, termasuk tentang ragam pesona kebudayaan dan pariwisata yang dimiliki," jelasnya.
 
Semakin banyaknya masyarakat dari berbagai penjuru dunia yang mengenal dan mengetahui keunggulan Kalteng termasuk pariwisatanya, maka diharapkan semakin banyak pula wisatawan yang datang berkunjung. Bukan hanya wisatawan lokal, namun juga mancanegara.

Baca juga: Puluhan top raider dunia dan Indonesia bersaing dalam UCI MTB Kalteng
Baca juga: Atlet Indonesia matangkan kesiapan hadapi kejuaraan dunia sepeda

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022