berharap terus berkelanjutan pelatihan ini
Torean, Lombok Utara (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Nusa Tenggara Barat bersama Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) PALAWA Universitas Padjadjaran melatih pelaku wisata bermedia sosial Instagram untuk promosi wisata.

Pelatihan digelar di Dusun Torean, Desa Loloan, Lombok Utara atau di kaki Gunung Rinjani, Rabu (24/8) malam.

Kepala Biro LKBN ANTARA Nusa Tenggara Barat, Riza Fahriza, menyatakan pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian ANTARA NTB untuk menularkan tata cara bermedsos khususnya Instagram yang akhirnya bisa digunakan ajang promosi pariwisata.

"Kami memiliki kesamaan pandangan dalam kegiatan 'Eksplorasi Rinjani, Pelatihan Pengelolaan Wisata Kelompok Sadar Wisata Lembah Penimbungan yang digagas oleh PMPA PALAWA Unpad," katanya.

Baca juga: LKBN ANTARA gelar pelatihan UMKM di kaki Gunung Rinjani
Baca juga: LKBN ANTARA buka pelatihan magang jurnalistik mahasiswa UIN Mataram

Disebutkan, pemateri dari LKBN ANTARA Biro NTB, Ahmad Khaerul Arham memberikan materi cara mengaplikasikan atau "template" Instagram hingga bisa dimanfaatkan para pelaku wisata.

Para warga langsung mempraktikkan materi penggunaan instagram. "Mudah-mudahan pelatihan ini terus berlanjut, ini bukti kepedulian kami bersama PMPA PALAWA Unpad," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Eksplorasi Rinjani PMPA PALAWA Unpad, Fadiyah Munifah, menyebutkan tujuan acara ini untuk pengembangan pariwisata melalui peningkatan sumber daya manusia.

"Materinya di antaranya tentang pariwisata berkelanjutan, promosi di era digital, dan kompetensi pemandu wisata, " katanya.
 
Baca juga: Gandeng LKBN ANTARA Divhumas gelar pelatihan public speaking Polri

Tema kegiatan yakni "Eksplorasi Rinjani: Menuju Masyarakat Desa Sadar Wisata" melalui pelatihan pokdarwis dan survei kebutuhan jalur pendakian Gunung Rinjani melalui Torean.

"Kegiatan ini berlangsung dari 18 Agustus sampai 27 Agustus 2022," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Loloan, Mahyudin, menyambut baik kegiatan tersebut karena menambah wawasan baru untuk promosi wisata dan UMKM di Torean.

"Kami berharap terus berkelanjutan pelatihan ini," katanya.

Baca juga: LKBN Antara gelar pelatihan fotografi di Bangka Belitung

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022