Yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah bahwa sepanjang hari, ada banyak waktu luang
Jakarta (ANTARA) - Situs ketenagakerjaan JobStreet Indonesia meluncurkan seekMAX, platform belajar terkurasi yang memungkinkan para pekerja profesional untuk meningkatkan keterampilan dan memajukan karier mereka melalui video edukasi pendek secara gratis.

Produk terbaru ini tersedia bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam bahasa Indonesia melalui aplikasi mobile JobStreet dan akan tersedia di wilayah Asia Tenggara lainnya pada tahun ini.

JobStreet telah bermitra dengan partner konten yang terdiri dari broadcaster, platform digital, kreator konten berpengaruh, produser dan studio media seperti Bloomberg, Zenius, SatuPersen, dan seterusnya untuk menciptakan dan menawarkan lebih dari 1.500 video edukasi gratis.

Baca juga: Jobstreet: Karyawan kena PHK harus tetap ikuti perkembangan terbaru

Tipe-tipe konten terdiri dari berbagai topik, termasuk teknologi dan desain, bisnis dan keuangan, hingga kepemimpinan dan manajemen serta pengembangan diri.

“Kami sangat senang bisa meluncurkan seekMAX di Indonesia, membuat seekMAX menjadi platform belajar terbesar di Indonesia yang gratis dalam bahasa Indonesia,” kata Chief Executive Officer of Asia, SEEK, Peter Bithos, melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, dikutip Kamis.

Country Marketing Manager JobStreet Indonesia Sawitri Hertoto mengatakan pihaknya memahami banyak masyarakat Indonesia berniat untuk belajar keterampilan baru guna meningkatkan kehidupan profesional mereka, namun terhadang oleh kekurangan waktu dan biaya.

Selain itu, lanjut Sawitri, banyak juga yang memiliki rentang perhatian pendek dan lebih memilih belajar melalui konten singkat dan ringkas di platform yang mudah diakses.

“Yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah bahwa sepanjang hari, ada banyak waktu luang yang dapat digunakan untuk belajar berbagai hal, misalnya saat menunggu waktu meeting berikutnya, menunggu dijemput kendaraan umum atau bahkan saat mengantri di kafe,” katanya.

Baca juga: Gaji dan fleksibilitas jadi alasan terbesar banyak karyawan mundur

Peter mengatakan pihaknya percaya bahwa Indonesia merupakan negara dengan potensi pengembangan yang luar biasa. Dalam setahun terakhir, kata Peter, terdapat peningkatan sebesar 49 persen dalam kunjungan ke situs JobStreet, dan peningkatan yang hampir sama dalam jumlah lamaran kerja.

Chief Growth Officer Marketplace Employers, Asia, SEEK, Anshu Nahar menambahkan pihaknya juga melihat perkembangan signifikan dalam jumlah perusahaan di Indonesia.

Pada tahun lalu, jumlah penyedia kerja di platform JobStreet meningkat sebanyak 3,6 kali, dan mayoritas merupakan UMKM. Selain itu, terdapat peningkatan sebesar 50 persen dalam iklan lowongan yang menandakan permintaan tinggi untuk talenta di Indonesia.

“Lapangan pekerjaan terus berubah, namun satu hal yang tidak berubah adalah setiap perusahaan pasti mencari talenta berkualitas untuk membantu mereka mempercepat pertumbuhan dan mengamankan bisnis mereka untuk masa depan. Hal ini menunjukkan pentingnya meningkatkan karir melalui keterampilan yang tepat,” kata Anshu.

Baca juga: Kiat bagi perusahaan untuk hindari burnout karyawan

Baca juga: Jobstreet: Pemintaan talenta teknologi dan digital alami peningkatan

Baca juga: JobStreet bagikan tips sukses untuk melamar pekerjaan

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022