London (ANTARA) - Saham-saham Eropa menguat pada Kamis, setelah data PDB dari ekonomi terbesar di benua itu mengalahkan ekspektasi analis, sementara kenaikan dibatasi oleh kegelisahan menjelang risalah dari pertemuan kebijakan terakhir Bank Sentral Eropa (ECB).

STOXX 600 pan-Eropa naik 0,6 persen pada pukul 07.12 GMT. Saham sektor energi melonjak 1,2 persen mendekati level tertinggi 12-minggu karena harga minyak mentah naik di tengah meningkatnya kekhawatiran ketatnya pasokan.

Indeks DAX Jerman meningkat 0,8 persen. Ekonomi Jerman tumbuh sebesar 0,1 persen pada kuartal kedua, mengalahkan ekspektasi analis, didukung oleh pengeluaran swasta dan pemerintah meskipun terjadi krisis energi.

Baca juga: Saham Eropa perpanjang aksi jual, dipicu lonjakan harga energi-resesi

Fokus pasar juga pada risalah dari pertemuan kebijakan terakhir Bank Sentral Eropa pada Juli yang akan dirilis di kemudian hari, ketika bank menaikkan suku bunganya lebih besar dari perkiraan 50 basis poin, serta data bisnis Ifo Jerman yang akan dirilis pada pukul 08.00 GMT.

Saham Novartis naik 0,8 persen setelah mengatakan akan memisahkan Sandoz dan mendaftarkan unit biosimilar di bursa saham Swiss untuk menciptakan perusahaan obat generik Eropa No.1 dan grup induk yang lebih fokus.

Fortum merosot 0,6 persen setelah perusahaan utilitas Finlandia itu membukukan rugi bersih kuartal kedua sebesar 7,4 miliar euro (7,4 miliar dolar AS), terpukul oleh kerugian di anak perusahaannya di Jerman, Uniper.

Baca juga: Saham Asia naik, investor cemas akan petunjuk kenaikan suku bunga AS
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022