perlu juga dihadirkan narasi mengenai imunisasi sangat aman sehingga orang tua tidak perlu ragu membawa anak mereka untuk diimunisasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mendukung upaya penguatan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat imunisasi dasar sebagai perlindungan optimal bagi anak.

"Kemenko PMK ingin kembali mengingatkan mengenai pentingnya edukasi dan sosialisasi mengenai manfaat imunisasi agar masyarakat makin memahami dan menyadari pentingnya imunisasi dasar bagi anak," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto.

Ketika dihubungi di Jakarta Kamis, Agus menjelaskan bahwa edukasi dan sosialisasi yang intensif akan mendukung pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.

"Agar masyarakat dapat berperan aktif menyukseskan BIAN 2022 maka masyarakat harus diberikan pemahaman dan literasi yang baik mengenai manfaat imunisasi dasar bagi anak," katanya.

Baca juga: Kemenko PMK ajak masyarakat berperan aktif cegah penyebaran COVID-19

Menurut dia, peran aktif masyarakat sangat penting mengingat BIAN merupakan momentum yang tepat untuk melengkapi imunisasi dasar pada anak.

"Kemenko PMK kembali mengajak masyarakat untuk menyukseskan BIAN 2022, bagi orang tua yang mungkin imunisasi dasar anaknya belum lengkap atau sempat tertinggal selama pandemi COVID-19, maka sekarang ini momentum yang tepat untuk melengkapinya," katanya.

Dia mengingatkan orang tua untuk segera mendatangi puskesmas terdekat atau mencari informasi melalui laman-laman resmi milik pemerintah terkait pelaksanaan BIAN 2022.

Terkait edukasi dan sosialisasi, kata dia, perlu dihadirkan narasi mengenai manfaat imunisasi untuk melindungi anak dan keluarga dari berbagai penyakit berbahaya.

Baca juga: Kemenko PMK ajak masyarakat sukseskan BIAN 2022

"Selain itu perlu juga dihadirkan narasi mengenai imunisasi sangat aman sehingga orang tua tidak perlu ragu membawa anak mereka untuk diimunisasi," katanya.

Agus juga menambahkan bahwa selama pelaksanaan BIAN 2022 maka anak-anak bisa mendapatkan imunisasi dasar seperti campak, DPT-HB-Hib, rubella, polio hingga PCV.

"Imunisasi pada bayi atau anak bukan berarti membuat kebal dari penyakit, namun jika terkena atau terpapar penyakit tersebut maka gejala yang dirasakan tidak berat dan tidak mengancam jiwa anak sehingga imunisasi ini sangatlah penting dan utama," katanya.

Kemenko PMK, kata dia, terus mengingatkan semua pihak mengenai pentingnya program BIAN 2022 sehingga perlu gerakan bersama agar dapat berjalan dengan optimal.

"Tujuannya untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar dan perlindungan kesehatan bagi anak-anak di tanah air," katanya.

Baca juga: Kemenko PMK gandeng SMK binaan Astra tingkatkan perbaikan lingkungan

 

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022