Kami sangat antusias bisa hadir langsung di Jakarta untuk pertama kalinya
Jakarta (ANTARA) - Perayaan film Sundance Film Festival: Asia 2022 kembali hadir secara luring di Indonesia pada 25-28 Agustus 2022 di FLIX Cinema ASHTA District 8 Jakarta.

"Kami sangat antusias bisa hadir langsung di Jakarta untuk pertama kalinya, menampilkan deretan film independen terbaru dari Sundance Film Festival. Film-film ini adalah beberapa karya terbaik yang juga ditayangkan di Sundance Film Festival tahun ini di Utah, Amerika Serikat," kata CEO Sundance Institute Joana Vicente dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, Vicente berharap festival bisa menjadi lebih menyenangkan karena banyak pembuat film internasional yang terlibat dalam film-film yang ditayangkan bisa bergabung dan berbagi cerita langsung kepada pecinta film di Indonesia.

Baca juga: "Nanny", "Navalny" menangi kompetisi Festival Film Sundance 2022

"Kita juga sangat beruntung banyak filmmakers yang terlibat dalam film-film tersebut bisa bergabung dengan kita sepanjang minggu ini. Film-film yang ditampilkan berasal dari berbagai negara dan kami bangga bisa secara khusus menghadirkan karya dari beberapa seniman Asia yang sangat berbakat," ujarnya.

COO IDN Media William Utomo mengatakan, ini merupakan tahun kedua Sundance Film Festival: Asia hadir di Jakarta, setelah sebelumnya selalu diadakan di Hong Kong.

"Kami menyiapkan berbagai rangkaian acara yang tidak hanya memberikan inspirasi, tapi diharapkan juga bisa menjembatani kolaborasi antarstakeholder di industri perfilman dan membuka jalan bagi lebih banyak karya sineas Indonesia untuk mendapatkan rekognisi di panggung dunia," kata William.

Selain itu, diumumkan pula pemenang Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022 yang disponsori oleh Argo.

Baca juga: Dokumenter Kanye West tayang di Sundance

Dari tujuh film karya anak bangsa yang lolos seleksi dan menjadi finalis, film "Evacuation of Mama Emola" karya Anggun Priambodo terpilih sebagai pemenang dan berhasil menerima penghargaan Jury Prize for Best Short Film.

Selain itu, diumumkan pula Honorable Mention untuk film "Science Around Us" yang disutradarai oleh ARIV.

Rangkaian acara terakhir di hari pertama perhelatan Sundance Film Festival: Asia 2022 adalah pemutaran film "Fire of Love" yang menceritakan tentang pasangan yang meninggal akibat ledakan gunung saat mereka tengah meneliti hal yang mempertemukan mereka: mengungkap misteri gunung merapi dengan menangkap citra paling eksplosif yang pernah direkam.

Pemutaran film diakhiri dengan sesi tanya jawab bersama sutradara film "Fire of Love" Sara Dosa dan Director of Programming Sundance Institute Kim Yutani.

Informasi lebih lanjut mengenai seluruh rangkaian acara dapat dilihat melalui laman web SundanceFilmFestivalAsia.org dan Instagram @sundanceffasia.

Baca juga: Sundance Film Festival 2022 wajibkan peserta bawa bukti vaksin

Baca juga: Festival Film Sundance 2022 umumkan daftar film yang akan diputar

Baca juga: Film drama pemenang Sundance "Minari" diprediksi masuk nominasi Oscar

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022