Jakarta (ANTARA) - DANA dan Sinar Mas menguatkan kerjasama lewat kolaborasi setelah keduanya menyelesaikan transaksi investasi terbarunya dalam rangka memajukan ekonomi digital di Indonesia.

Kolaborasi antara DANA dan Sinar Mas itu nantinya akan mengandalkan kapabilitas yang dimiliki oleh masing-masing industri dan diharapkan mampu mempercepat literasi digital serta inklusi keuangan di Tanah Air.

"Semangat kolaborasi yang diinisiasi DANA dan Sinar Mas pada sektor telekomunikasi, layanan keuangan digital, serta properti, merupakan langkah awal kami untuk pengembangan ekonomi digital lintas industri, ” kata CEO DANA Indonesia Vince Iswara dalam acara bertajuk "Semangat Kolaborasi: Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia" di Jakarta Pusat, Kamis.

Lebih lanjut nantinya DANA akan meningkatkan dan memperluas layanan keuangan berbasis gaya hidup dan masuk ke dalam ekosistem bisnis milik Sinar Mas seperti menggandeng Smartfren di bidang telekomunikasi, lalu ada juga Sinar Mas Multiartha di bidang keuangan, dan tentunya Sinarmas Land di bidang properti.

Baca juga: DANA tingkatkan batas nilai saldo dan transaksi uang elektronik

Baik DANA dan Sinar Mas keduanya mengklaim akan menjaga komitmen kolaborasi tersebut untuk membuka lebih luas akses keuangan digital sehingga semakin dekat dan inklusif bagi masyarakat.

"Dengan adanya kolaborasi dengan DANA, ada beberapa manfaat yang bisa diambil. Pertama tentu kita bisa onboarding product kita di aplikasi DANA, sehingga produk kami bisa dilihat oleh 120 juta pengguna DANA dan tentunya efektif membantu bisnis kami. Lalu lewat kolaborasi ini, pelanggan yang melakukan transaksi di aplikasi kami, bisa melakukan pembayaran yang lebih mudah dengan adanya DANA. Ada seamless experience dari kolaborasi ini," kata Chief Commercial Officer Smartfren Andrijanto Muljono menyebutkan contoh kolaborasi nyata antara Sinar Mas lewat Smartfren dengan DANA.

Sementara itu dari industri keuangan Sinar Mas, Chief Investment Officer Sinar Mas Multiartha Genta Wira Anjalu menyebutkan kehadiran DANA membantu lebih banyak pilihan layanan keuangan yang terbarukan untuk generasi masa depan.

Menurutnya saat ini Sinar Mas Multiartha telah memiliki banyak variasi layanan keuangan namun masih bersifat tradisional, dengan kehadiran DANA maka layanannya akan menjadi sempurna mengingat DANA termasuk salah satu penyedia layanan keuangan digital yang memiliki reputasi baik secara nasional.

"Jadi ekosistem layanannya lebih komplit, ada yang old economy dan future economy. Salah satu contoh prinsip future economy yang terpenuhi lewat kolaborasi ini ialah di aplikasi pasar modal kami yang bernama SIM Invest kini pengguna bisa menggunakan DANA sebagai alat transaksinya," kata Genta.

Di samping itu, dari segi pengembangan industri properti melalui Sinarmas Land nantinya DANA akan hadir tidak hanya di antara masyarakat sebagai konsumen namun juga dalam ekosistem kerja milik Sinarmas sehingga bisnis perusahaan properti itu bisa menganut prinsip berkelanjutan.

Dengan demikian layanan keuangan digital bisa diterapkan menjadi solusi dari hulu ke hilir sejalan dengan visi Indonesia lewat Presidensi G20 yang menjadikan digitalisasi sebagai salah satu kunci untuk pemulihan global pasca pandemi.

“Sinar Mas Land tengah mengembangkan ekosistem digital yang terdiri atas akademia, komunitas, startup hingga perusahaan multinasional. Kami menyambut kedatangan DANA yang tentu akan memperkaya ekosistem digital kami. Semoga kolaborasi ini memberi dampak yang besar, tidak hanya terasa di township dan proyek pengembangan Sinar Mas Land, tapi juga berdampak ke ekonomi nasional,”ujar Chief Digital Tech Ecosystem and Development Sinarmas Land Irawan Harahap.

Baca juga: DANA kukuhkan transaksi investasi dengan Sinar Mas dan Lazada Group

Baca juga: Sinar Mas Land bukukan penjualan properti di London Rp4,42 triliun

Baca juga: Sinar Mas Land akuisisi perkantoran senilai Rp3,6 triliun di London

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022