Untuk mencapai hal ini, tentu kita perlu meningkatkan literasi digital UMKM baik dari proses produksi, distribusi, hingga pemasaran
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan Telkomsel dan Emtek Group menciptakan ekosistem kewirausahaan yang kondusif untuk mendukung penumbuhan calon wirausaha mulai dari wirausaha pemula hingga mapan, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024.

"Ini merupakan peluang besar yang perlu kita manfaatkan. Untuk mencapai hal ini, tentu kita perlu meningkatkan literasi digital UMKM baik dari proses produksi, distribusi, hingga pemasaran," kata Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop Irwansyah Putra lewat keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Karena itu, diperlukan ekosistem pendukung yang dapat memberikan pendampingan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara menyeluruh sehingga mampu mengoptimalkan potensi guna memperoleh hasil berupa pertambahan nilai.

Terlebih lagi, lanjutnya, Presiden Joko Widodo meminta percepatan transformasi digital UMKM Indonesia dengan 30 juta UMKM ditargetkan onboarding ke ekosistem digital pada tahun 2024 serta satu juta UMKM onboarding platform pengadaan barang dan jasa pemerintah (LKPP). Kementerian/Lembaga dan BUMN juga diminta memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri.

"Hal ini menjadi panduan bagi kami dalam mempersiapkan program-program transformasi digital yang utuh dari hulu ke hilir serta melibatkan semua stakeholder terkait," ucap Irwansyah dalam acara Kick Off Digital Creative Entrepreneur (DCE)

Menurut dia, kegiatan DCE merupakan bentuk nyata kolaborasi pemerintah, dunia usaha, serta berbagai pihak untuk mendukung peningkatan kompetensi UMKM Indonesia terutama dalam transformasi digital.

Vice President Corporate Communication Telkomsel Saki Bramono menyampaikan bahwa program DCE bisa menjadi penyemangat bagi para wirausaha agar terus tumbuh menginspirasi dan menghadirkan inovasi dalam setiap proses bisnis yang akan dilakukan.

"Pentingnya digital pola pikir untuk mendorong kemajuan dan akselerasi pertumbuhan UMKM terutama dalam era transformasi digital. Kami harap DCE dapat menjadi referensi akselerasi transformasi digital sektor UMKM sekaligus menjadi dampak positif untuk pemberdayaan UMKM dan tumbuh berkembangnya entrepreneur di Indonesia,” kata Saki.

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022