Saya percaya kompetisi merupakan ruang bagi terus berkembangnya inovasi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan terus melakukan inovasi dalam mendorong pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia.

Airlangga dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, mengatakan inovasi adalah peluang untuk terus berkembang dan bertumbuh sehingga penting untuk keberlangsungan hidup.

Tidak hanya dari sisi profitabilitas, berinovasi juga dapat menciptakan nilai-nilai baru yang bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut dia, program Kartu Prakerja, Gerakan Nasional Literasi Digital untuk masyarakat umum, Digital Talent Scholarship untuk tingkat profesional, dan Digital Leadership adalah inovasi digital yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia.

"Program Kartu Prakerja menjadi kisah sukses inovasi pemerintah dalam mentransformasikan pelayanan publik. Program tersebut adalah pelopor pembayaran government-to-people yang memanfaatkan fintech sehingga dapat mempercepat inklusi keuangan,” ujar Airlangga dalam sambutan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2022.

Ia menyebut pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir telah menyebabkan akselerasi penerapan teknologi digital dalam berbagai bidang, seperti financial technology (fintech) dan e-commerce.

Ditambah, tercipta sejumlah subsektor baru seperti edu-tech, health-tech, hingga agri-tech.

Dia menyebut tumbuhnya layanan digital oleh berbagai perusahaan digital ini merupakan sinyal baik karena akan menciptakan kompetisi.

Melalui kompetisi, menurut dia, akan tercipta berbagai inovasi yang akan semakin mendorong pertumbuhan ekosistem digital di tanah air.

"Saya percaya kompetisi merupakan ruang bagi terus berkembangnya inovasi," ujar Airlangga.

Ia mengatakan pemerintah akan terus mendukung sektor ekonomi digital terus bertumbuh sehingga akan berdampak pada perekonomian nasional.

Seperti diketahui, nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan meningkat mencapai 146 miliar dolar AS pada 2025, dan akan terus naik menjadi 330 miliar dolar AS pada 2030. Peningkatan ini akan menciptakan jutaan lapangan kerja baru dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: Menko Airlangga: Ada 3 tantangan untuk perkuat fondasi ekonomi digital

Baca juga: Pemerintah masih matangkan kebijakan baru harga Pertalite


 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022