Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta setiap orang tua untuk kembali memperkenalkan permainan tradisional guna mencegah anak kecanduan terhadap gawai seperti ponsel ataupun barang elektronik lainnya.

“Mainan tradisional ini zaman saya seperti bakiak dan kelereng. Kini bagus sekali untuk mengembalikan permainan-permainan tradisional,” kata Ketua Tim Kerja Perilaku Ibu Hamil, Anak dan Remaja Kemenkes Herawati dalam acara Chimiland Lemonilo di Jakarta, Kamis.

Herawati menuturkan adanya perubahan baru sejak pandemi COVID-19 membuat anak tidak memiliki pilihan selain menggunakan gawai dalam jangka waktu yang lebih lama. Tak jarang pula, anak masih tetap memainkannya meski jam belajar secara daring sudah usai.

Baca juga: Ajak anak berkegiatan bantu kurangi kecanduan gadget

Tingginya waktu bermain gawai, kata dia, akhirnya berdampak pada sifat anak yang lebih cenderung suka menyendiri dan mengubah anak menjadi ketergantungan atau yang biasa disebut dengan adiktif gawai.

“Anak jadi ketergantungan dan akhirnya bisa menjadi sibuk dengan gadget. Anak tidak memikirkan lingkungan sekitar, akhirnya pertumbuhan psikis, fisik maupun sosial terganggu karena tidak mau secara otomatis berinteraksi dengan yang lainnya,” ucap dia.

Dengan hadirnya permainan tradisional seperti bakiak, gobak sodor ataupun kelereng, menurut Herawati, anak dapat memiliki wadah bermain yang lebih menarik dan mengasyikkan.

Permainan tradisional yang lebih mengutamakan keintiman dengan teman bermain dan memfokuskan anak untuk berpikir strategi dan membangun kerja sama tim, kata dia, membuat tumbuh kembang anak menjadi semakin optimal.

Baca juga: Kecanduan "gadget" bisa pengaruhi kesehatan mental anak

"Dengan permainan tradisional pula, hubungan antara orang tua dan anak bisa semakin dekat karena akan banyak komunikasi yang terbangun, sehingga anak merasa bahagia dan lebih senang untuk aktif bermain," katanya.

Dalam kesempatan itu, Herawati turut menyarankan apabila anak diharuskan untuk menggunakan gawai, maka ada baiknya orang tua membuat kesepakatan terkait berapa lama anak dapat menggunakan gawai.

"Hal itu bertujuan agar anak mengetahui tanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. Orang tua juga perlu mengawasi apa saja fitur atau aplikasi yang dibuka oleh anak guna menghindari terjadinya penyelewengan dalam berselancar di internet," katanya.

Baca juga: Orang tua perlu bangun koneksi yang baik agar anak tak kecanduan gawai

Herawati berharap dengan tetap menjaga nilai budaya melalui permainan tradisional, orang tua mau bekerja sama lebih memperhatikan anaknya sesibuk apapun agar jumlah anak yang ketagihan bermain gawai tidak meningkat secara signifikan.

“Itu PR (tugas) kita bahwa kita harus mengawasi mereka, supaya waktunya lebih lama untuk permainan bersama dengan teman-temannya,” ucapnya.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022